Pesona Nilam Indonesia

Penulis: Sri Purwandhari Pada: Jumat, 26 Apr 2019, 20:15 WIB Weekend
Pesona Nilam Indonesia

MI/Sri Purwandhari
Nilam

Ada yang menarik dari parfum yang baru diluncurkan Montblanc. Dalam parfum itu ada produk nilam (Pogostemon cablin Benth) dari Indonesia. Produk nilam Indonesia diakui sebagai terbaik di dunia.

Jadi, wajarlah jika 85-90% parfum dan kosmetik di dunia memakai hasil distilasi tanaman nilam dari Indonesia. Sementara 50% parfum di dunia pasti mengandung ekstrak nilam. Minyak yang dikenal sebagai minyak patchouli ini memberikan aroma yang kuat.  

Diperlukan kesabaran untuk mendapatkan produk minyak yang baik (4-6 bulan). Setelah dipanen, tanaman harus dikeringkan lalu didistilasi. Untuk mendapatkan 1 kilogram minyak diperlukan 200 kilogram nilam.

Minyak didapatkan dari daun. Jadi, untuk menghasilkan tanaman yang prima, maka Interparfum selaku principal dari Montblanc Fragrances memberikan pelatihan pada petani. Ini adalah bagian CSR yang dilakukan Interparfum.

Selain itu, Interparfum juga membangun perpustakaan di beberapa sekolah yang ada di Pulau Buton dan Pulau Katoi. Mengapa dua pulau tersebut yang dipilih? Jawabannya adalah karena pengilangan minyak patchouli berlokasi di dua pulau tersebut. (M-3)

Baca juga : Wewangian Pria Penjelajah

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More