Pertamina MOR IV Pastikan Ketersediaan BBM Jelang Ramadan

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Jumat, 26 Apr 2019, 19:28 WIB Ekonomi
 Pertamina MOR IV Pastikan Ketersediaan BBM Jelang Ramadan

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww/17.
Petugas melakukan pengisian BBM ke mobil tangki di Terminal BBM Rewulu, Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta

PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV memastikan kesiapan bahan bakar minyak (BBM) jelang Ramadan. Termasuk, distribusi BBM di sekitar ruas jalan tol yang akan dilintasi pemudik.

"Bulan Ramadan adalah peristiwa rutin yang terjadi setiap tahun. Namun kita tetap melakukan persiapan, mengingat setiap tahun ada hal khusus yang menjadi dinamika," ujar General Manager Pertamina MOR IV, Tengku Fernanda, di sela-sela peninjauan Terminal BBM Rewulu di Bantul, Yogyakarta, Jum'at (26/4).

Tengku menyoroti Tol Trans Jawa yang mulai beroperasi tahun ini. Seperti diketahui, keberadaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sepanjang ruas jalan tol masih minim. Salah satunya kilometer (km) 429 rute Semarang-Solo. Pun, tempat istirahat (rest area) belum sepenuhnya tersedia, karena masih dalam tahap pengerjaan. 

Untuk mengantisipasi situasi tersebut, pihaknya menyiapkan SPBU modular, yakni menempatkan mobil tangki yang akan menyalurkan BBM melalui selang ke dispenser.

"Kita tahu kalau tidak ada SPBU, mobil juga enggan masuk tol. Makanya kita buka SPBU modular. Untuk jumlahnya nanti disesuaikan dengan pemetaan kebutuhan. Kita juga melihat angka statistik tahun lalu" imbuhnya.

Lebih lanjut, pihaknya mempersiapkan segala alternatif untuk menjamin kebutuhan masyarakat sehingga mudik berjalan lancar dan aman. Upaya mengantisipasi kemacetan parah seperti peristiwa di ruas tol Brexit, mencakup penyediaan BBM kemasan untuk produk Pertalite dan Pertamax. MOR IV mengoperasikan sejumlah Terminal BBM dengan rata-rata ketersediaan stok sekitar 8-9 hari.

"Kami fokus melayani kebutuhan masyarakat, karena untuk ketersediaan stok kami pastikan bertahan di 8-9 hari. Begitu penjualan naik, langsung kami tambah. Satgas juga sudah mulai dari sebelum pemilihan umum (pemilu), jadi lanjut lagi ke Ramadan," paparnya.(E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More