Hingga Kini, 230 KPPS Wafat dan 1.671 Sakit

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Jumat, 26 Apr 2019, 18:25 WIB Politik dan Hukum
Hingga Kini, 230 KPPS Wafat dan 1.671 Sakit

MI/Benny Bastiandy
Jenazah Anggota KPPS yang Meninggal Dunia di Cianjur

JUMLAH anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia bertambah. Para 'pahlawan pemilu' tersebut wafat lantaran bekerja nonstop karena kelelahan menghitung suara pemilu 2019.

"Saat ini sudah ada 230 yang wafat dan yang sakit ada 1.671 orang. Total ada 1.901 yang terkena musibah," ungkap Komisioner KPU Viryan Aziz saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (26/4).

 

Baca juga: KPU: Petugas KPPS yang Meninggal Jadi 225 dan 1.470 Sakit

 

Terpisah, Komisioner KPU lainnya Hasyim Asy'ari mengungkapkan dalam waktu cepat KPU akan memberikan santunan kepada keluarga korban KPPS yang terkena musibah.

"Ini biayanya harus bicara dengan Kemenkeu. KPU bicara dengan Kemenkeu standarnya seperti apa santunan untuk kematian. Katakan sudah disetujui besaranya, KPU harus mengidentifikasi, siapa yang meninggal," ucapnya.

"Kemudian, bukti surat keterangan meninggal dari lembaga yang berwenang. Juga harus by name, alamatnya di mana dan kepada siapa santunan akan diberikan. Verifikasi hal-hal ini mungkin mudah. Tapi kalau sudah level prosedur hukum itu kita harus hati-hati betul," tandas Hasyim. (A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More