Jokowi Bahas PP Buruh Bersama Said Iqbal Cs

Penulis: Rudy Polycarpus Pada: Jumat, 26 Apr 2019, 15:25 WIB Politik dan Hukum
Jokowi Bahas PP Buruh Bersama Said Iqbal Cs

ANTARA/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo membahas revisi Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, Perlindungan Terhadap Buruh Migran.

Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah pimpinan organisasi buruh di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/5).

Para pimpinan serikat buruh yang hadir, yaitu Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Mudhofir, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Andi Gani Nuwa Wea, dan Ketua Umum Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia Ilhamsyah.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu.

Jokowi mengatakan, salah satu poin utama pertemuan itu ialah membahas revisi Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, Perlindungan Terhadap Buruh Migran.

Ia berharap baik pengusaha dan buruh bisa menyepakati materi revjsi PP 78.

"Buruh dan pengusaha juga senang, jangan sampai ada yang dirugikan karena PP 78 ini," ujarnya seusai pertemuan.

Sementara, Andi Gani menjelaskan isu-isu soal buruh kepada Presiden, antara lain dibentuknya desk pidana perburuhan di kepolisian serta fasilitas penitipan anak untuk buruh wanita di tempat kerja.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi merespons positif keinginan para buruh dengan membentuk tim bersama yang melibatkan pemerintah, pengusaha dan buruh.

"Guna merumuskan PP 78 yang adil untuk semua pihak, pengusaha dan buruh," tandasnya.

Pada kesempatan itu Ilhamsyah juga menyampaikan keluhan, yakni masalah jaminan sosial tenaga kerja informal, penahanan sejumlah awak mobil tanki serta penitipan anak di tempat kerja

Selain membahas isu perburuhan di Indonesia, Jokowi dan para pimpinan organisasi buruh itu sekaligus membahas perayaan Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap 1 Mei.

"Keamanan pasti berjalan kondusif dan Presiden berencana meninjau progres pembangunan pemukiman buruh yang dibangun BUMN PT PP di kawasan Tangerang Selatan," imbuh Andi Gani. (OL-3)

 

 

Berita Terkini