Jumat 26 April 2019, 10:54 WIB

Banjir, Sebagian Warga Cililitan Mengungsi di Jalan

Antara | Megapolitan
Banjir, Sebagian Warga Cililitan Mengungsi di Jalan

ANTARA/Genta Tenri Mawangi
Anggota SAR menaiki perahu karet untuk menjemput warga RT 01, RW 06, Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur yang masih bertahan di rumahnya.

 

WARGA RT 01, RW 06, Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur, mengungsi di sepanjang Jalan Cililitan-Condet akibat banjir setinggi 2,5-3 meter yang merendam permukiman mereka sejak Jumat (26/4) pukul 05.00 WIB.    

Pantauan di lokasi, Jumat (26/4) pagi, sebagian warga mulai meninggalkan rumah mereka pada pukul 06.00 WIB setelah memindahkan perabotan ke lantai dua.

Beberapa dari mereka baru naik pukul 08.00 WIB, setelah dijemput tim SAR dengan perahu karet.    

Mia, warga setempat, mengatakan air setinggi pinggang orang dewasa memasuki rumahnya pada pukul 05.00 WIB. Tiga jam kemudian, air sudah naik hingga nyaris menyentuh lantai dua.    

Mia dan tiga anaknya pun dievakuasi tim SAR pada pukul 08.00 WIB dan mengungsi di pinggir jalan.    

"Ini yang terparah di 2019. Dulu pernah kaya gini tahun lalu, beberapa bulan (banjir) tidak setinggi ini. Semoga cepet surut," kata Mia.    

Baca juga: Perluasan Pembebasan PBB Harus Dibatalkan

Ia berharap pemerintah segera menyediakan lahan kosong untuk pengungsian agar korban banjir tidak berkerumun di pinggir jalan sehingga menyebabkan kemacetan sepanjang satu kilometer di Jalan Cililitan-Condet.    

Banjir merendam sebagian wilayah Jakarta pada Jumat (26/4) dini hari karena air Sungai Ciliwung meluap sejak Kamis (25/4) malam.   

Kepala UPT Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta M Ridwan mengatakan luapan air Sungai Ciliwung akan melewati 13 wilayah, di antaranya Srengseng Sawah, Rawajati, Pengadegan, Cikoko, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Bidara Cina, Kampung Melayu, dan Manggarai. (OL-2)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

DKI Antisipasi 1,8 Juta Pemudik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 29 Mei 2020, 08:10 WIB
PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta telah mengantisipasi arus balik 1,8 juta orang yang telanjur meninggalkan ibu kota negara...
MI/ADAM DWI

Bersepeda Jadi Alternatif 'New Normal' Pada Transportasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 07:59 WIB
Di Indonesia, baru Kota Jakarta yang berkomitmen membangun jalur sepeda sepanjang 63 kilometer dari target 545...
 MI/ BARY FATHAHILAH

Penularan Korona masih Terjadi

👤MI 🕔Jumat 29 Mei 2020, 07:25 WIB
KETUA Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menegaskan syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk menerapkan tatanan baru di Ibu kota ialah angka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya