Kemendag Keluarkan Izin Impor Bawang Putih untuk 8 Perusahaan

Penulis: Nur Aivanni Pada: Kamis, 25 Apr 2019, 19:50 WIB Humaniora
Kemendag Keluarkan Izin Impor Bawang Putih untuk 8 Perusahaan

Kemendag.go.id
Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan.

KEMENTERIAN Perdagangan telah mengeluarkan izin impor bawang putih kepada delapan perusahaan sebesar 115.765 ton. Izin impor tersebut berlaku hingga 31 Desember 2019.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengaku kuota impor bawang putih tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk jelang bulan puasa dan lebaran. Kebutuhan bawang putih di Indonesia, kata Oke, sebanyak 450 ribu ton per tahun atau sekitar 35 ribu ton per bulan.

Baca juga: Kadin Siapkan Peta Jalan Industri Sapi Nasional

"Yang sudah keluar (izin impor bawang putih) itu sebanyak 115 ribu ton, cukup untuk puasa dan lebaran," kata Oke di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/4).

Izin impor tersebut, dikatakan Oke, merupakan tahap pertama. Ia mengaku tidak menutup kemungkinan akan ada perusahaan swasta lainnya yang akan mendapatkan izin impor bawang putih asalkan mereka memenuhi persyaratan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian.

Selain itu, Oke menyampaikan bahwa pihaknya juga telah mengajak para importir untuk bersama-sama mengendalikan harga bawang putih di tingkat masyarakat. Pihaknya berharap harga bawang putih bisa ditekan ke angka Rp 32.000-Rp 35.000 per kg. Saat ini, harga bawang putih berada di kisaran Rp 40.000 per kg. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More