Kamis 25 April 2019, 13:30 WIB

Kadisdik DKI Jakarta Pastikan Soal UN tidak Bocor

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kadisdik DKI Jakarta Pastikan Soal UN tidak Bocor

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) 70 Bulungan, Jakarta.

 

KEPALA Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengungkapkan tipis kemungkinannya soal ujian nasional bisa bocor.

Sebab, saat ini, UN sebagian besar sudah berbasis komputer. Kendali penyediaan soal pun dilakukan langsung Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Itu yang namanya ujian berbasis komputer kendalinya ada di Puspendik. Kita tinggal mengikuti jaringannya sehingga sangat terkendali dan kemungkinan bocor menjadi sangat kecil," kata Ratiyono usai mengikuti upacara Hari Otonomi Daerah di Monas, Kamis (25/4).

Saat ini, UN masih diselenggarakan untuk sekolah dasar. Sementara sekolah menengah pertama memasuki UN hari terakhir dengan mata pelajaran IPA.

Baca juga: Komputer Terbatas, 107 SMP Gelar UNBK dalam Tiga Sesi

Ia pun mengakui UN berbasis komputer tahun ini masih ada yang dilakukan dalam tiga sesi. Hal itu diakibatkan keterbatasan perangkat komputer yang dimiliki sekolah.

Meski demikian, mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI ini menegaskan UN berbasis komputer tahun ini berjalan lancar.

"Ya tahun ini alhamdulillah 3 sesi. Sekolah yang bisa satu sesi komputernya cukup termasuk dukungan dari orangtua meminjamkan laptop  untuk diprogram bagi ujian nasional jadi cukup 1 sesi," terangnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More