Kemenag Pastikan Inovasi Baru dalam Pelayanan Haji 2019

Penulis: Sitriah Hamid Pada: Rabu, 24 Apr 2019, 23:35 WIB Humaniora
Kemenag Pastikan Inovasi Baru dalam Pelayanan Haji 2019

Foto : Bahaudin/MCH 2019
Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis.

DIREKTUR Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama RI, Sri Ilham Lubis, menegaskan bahwa pelayanan haji 2019 akan lebih baik daripada tahun sebelumnya (2018). Sejumlah inovasi baru akan dirasakan oleh jemaah haji Indonesia yang mencapai 231.000 orang tahun ini.

"Ini inovasi yang luar biasa pada 2019," jelas Sri Ilham saat menjadi pembicara pada Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H/2019M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (24/4).

Menurutnya, inovasi-inovasi tersebut, antara lain pertama soal peningkatan porsi sistem sewa hotel dari blocking time menjadi full musim. Bila pada 2018, sistem sewa hotel dengan skema full musim baru 50%, pada tahun ini naik menjadi 75%.

"Alhamdulillah kita sudah berhasil 50% hotel-hotel yang disewa di Markazia tahun lalu dan tahun ini bisa ditingkatkan menjadi 75% (full musim) dan 25% masih dengan blocking time," jelasnya.


Baca juga: Terjadi Pergeseran Makna Ibadah Haji Saat Ini


Adapun inovasi kedua, lanjut Sri Ilham, penambahan satu embarkasi untuk layanan fast track. Sedangkan embarkasi lain yang tidak mendapatkan fasilitas ini, akan diberi layanan dari non-fast track menjadi semi fast track.

"Dengan semi fast track, jemaah akan tetap dimintakan satu sidik jari saat tiba nanti dan distempel paspor dan setelah itu langsung ke bus. Jadi mereka tidak urus bagasi lagi yang selama ini banyak menyita waktu," jelasnya.

Inovasi ketiga, jelas Sri Ilham Lubis, penambahan sarana buang air bagi jemaah haji Indonesia di Mina.

Pada Desember 2018, Muasassah mengabulkan permintaan menteri agama RI, yaitu, penambahan jumlah toilet yang pada tahun sebelumnya lima per maktab, mulai haji 2019 ini penambahan menjadi delapan toilet per maktab.

Menurutnya, sebelum dilakukan penambahan, untuk satu toilet di Mina bisa diantre oleh 68 orang.

"Namun, dengan adanya penambahan ini, diharapkan antrean itu bisa terurai," jelasnya. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More