Rabu 24 April 2019, 13:41 WIB

47 TPS Laksanakan Pemilihan Ulang Pada 27 April

Mitha Meinansi | Politik dan Hukum
47 TPS Laksanakan Pemilihan Ulang  Pada 27 April

Antara
Beberapa daerah yang melakukan PSU adalah Kota Palu, Kabupaten Poso, Kabupaten Banggai dan Kabupaten Sigi.

 

SEBANYAK 47 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di beberapa kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Tengah akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU).  Hal itu berdasarkan rekomendasi Bawaslu Sulawesi Tengah yang disampaikan kepada KPUD setempat.

Menurut Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husein, rekomendasi Bawaslu yang disampaikan kepada KPUD Sulteng untuk melakukan pemungutan suara ulang,
karena terdapat pelanggaran aturan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Salah satunya, adanya pemilih menggunakan E-KTP yang memilih tanpa memiliki surat pindah memilih atau A5. Selain itu juga terdapat surat suara yang  tertukar dalam kotak suara.

Sementara itu, Ketua KPUD Sulteng Tanwir Lamaming menjelaskan PSU akan dilaksanakan sepanjang sesuai aturan. Menurutnya, rekomendasi akan
dikaji dan dipelajari dahulu, apakah memenuhi kriteria PSU atau tidak. Tanwir menambahkan seharusnya bila ada pelanggaran segera direkomendasikan. Sebab KPU akan menyiapkan logistik dan sebagainya.

baca juga: KPU Wonogiri Dinyatakan Bersalah

PSU akan dilaksanakan pada 27 April secara serentak di Sulawesi Tengah, sesuai rekomendasi Bawaslu Sulteng. Beberapa daerah yang melakukan PSU adalah Kota Palu, Kabupaten Poso, Kabupaten Banggai dan Kabupaten Sigi. Khusus di Kabupaten Sigi, terdapat dua TPS yang harus melaksanakan PSU yakni TPS 2 dan TPS 5 di Desa Karawana, Kecamatan Dolo. Penyebabnya adalah surat suara tertukar. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More