Prospek Industri Halal semakin Cerah

Penulis: MI Pada: Rabu, 24 Apr 2019, 09:45 WIB Ekonomi
Prospek Industri Halal semakin Cerah

ANTARA/FB Anggoro
Seorang pekerja menyiapkan makanan yang sudah mengantongi sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia

POTENSI industri halal di masa mendatang secara global kian cerah. Itu terlihat dari laporan Thomson Reuter bertajuk State of the Global Islamic Economy Report 2018/2019 bahwa ekonomi Islam akan tumbuh hingga US$6,8 triliun pada 2023. Di sisi lain, populasi umat Islam di dunia, menurut Global Islamic Indicator, bertambah dari 1,8 miliar pada 2017 menjadi 3 miliar pada 2060.

Baca Juga: Pendapatan Bunga Dongkrak Laba BTN

"Dari data itu, potensi industri halal amat besar. Negara-negara muslim seperti Malaysia dan Indonesia bisa memanfaatkan peluang dengan memperkuat kerja sama dengan negara lain. Terlebih, permintaan pasar terus bertambah dan kita harus dapat memenuhi kebutuhan produk halal," ujar Trade Commisioner Kedutaan Besar Kerajaan Malaysia Harman Ahmad melalui keterangan resminya, kemarin.

Ia mencontohkan di Malaysia International Halal Showcase (Mihas) di Kuala Lumpur, 3-6 April lalu, terjadi kenaikan penjualan produk halal sebesar 5,7% ketimbang di ajang tahun lalu. Transaksi tersebut mencakup industri makanan minuman, farmasi, hingga layanan finansial. (E-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More