Rabu 24 April 2019, 09:20 WIB

Kredit Danamon Capai Rp138 T

Atalya Puspa | Ekonomi
Kredit Danamon Capai Rp138 T

Wikipedia
Logo Bank Danamon

 

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) mencatatkan pertumbuhan pada portofolio kredit dan trade finance sebesar Rp138 triliun untuk triwulan pertama 2019 atau naik 6% dari periode yang sama tahun lalu.Chief Financial Officer dan Direktur Bank Danamon Satinder Ahluwalia menyampaikan pertumbuhan kredit itu didukung permintaan konsumen yang kuat di sejumlah segmen kunci.

"Di antaranya ialah consumer mortgage, pembiayaan kendaraan bermotor, enterprise banking, dan perbankan UKM," kata dia di Bank Danamon, Jakarta, kemarin.

Satinder menguraikan portofolio kredit costumer mortgage tumbuh 27% menjadi Rp8,3 triliun. Kemudian, kredit segmen enterprise banking yang terdiri atas perbankan korporasi, perbankan komersial, dan institusi keuangan naik 7% menjadi Rp39,5 triliun. Untuk segmen perbankan UKM, pertumbuhan kredit tercatat sebesar 6% menjadi Rp31,1 triliun.

Sementara itu, pembiayaan kendaraan bermotor Adira Finance tumbuh 14% secara tahunan menjadi Rp52,6 triliun pada triwulan pertama 2019. Pertumbuhan itu didukung pembiayaan kendaraan roda dua dan roda empat yang tumbuh masing-masing sebesar 14% dan 15% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Bujet Kartu Jokowi

"Di luar perbankan mikro, total portofolio kredit dan trade finance tumbuh 10% menjadi Rp136,4 triliun jika dibandingkan setahun sebelumnya," katanya.

Selain itu, Bank Danamon mencatatkan kualitas aset yang sehat dengan posisi kredit bermasalah menjadi 2,8% pada 2019 dari 3,2% pada tahun lalu.

Wakil Direktur Utama Bank Danamon Michellina Triwardhany menambahkan Bank Danamon juga terus melanjutkan fokusnya dalam meperkuat layanan bank digital, di antaranya dengan meluncurkan aplikasi D-Bank Registration untuk melengkapi D-Bank.

"Dengan aplikasi mobile D-Bank Registration itu, calon nasabah membuka rekening hanya dalam satu aplikasi sekaligus verifikasi melalui video call. Semua proses itu sepenuhnya online dan ter-integrasi," tutup Michellina.

Terbitkan obligasi

Sebelumnya, Bank Danamon berencana menerbitkan obligasi sebagai bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) bernama Obligasi Berkelanjutan I Bank Danamon Tahap I 2019 dengan target total Rp5 triliun.

Dalam rangka PUB itu, perseroan akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Bank Danamon Tahap I Tahun 2019 dengan jumlah pokok obligasi sebesar-besarnya senilai Rp2 triliun. Penerbitan obligasi itu untuk penyaluran kredit dan meningkatkan likuiditas bank.

Obligasi yang ditawarkan melalui penawaran umum ini akan dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia dan ditawarkan pada tingkat 100% nilai nominalnya.

Obligasi Berkelanjutan I Bank Danamon Tahap I Tahun 2019 ini akan ditawarkan dalam tiga seri, yaitu Seri A, Seri B, dan Seri C. dengan tenor masing-masing 1,3 dan 5 tahun.

Penawaran Awal Obligasi Berkelanjutan I Bank Danamon Tahap I 2019 ini akan dilakukan pada 22 April 2019 hingga 3 Mei 2019, sedangkan untuk masa penawaran umum diperkirakan dilakukan pada 17 dan 20 Mei 2019. Adapun besaran kupon untuk obligasi tahap I ini berkisar pada 7,25% sampai 9,00%. (E-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More