Pertumbuhan Kredit Perbankan Stabil di Triwulan I 2019

Penulis: Atikah Ishmah Winahyu Pada: Selasa, 23 Apr 2019, 21:42 WIB Ekonomi
Pertumbuhan Kredit Perbankan Stabil di Triwulan I 2019

MI/Bayu Anggoro
Ketua Dewan Komisioner OJk Wimboh Santoso

OTORITAS Jasa Keuangan menilai stabilitas sistem keuangan (SSK) masih terjaga dengan baik.

Selain itu kinerja intermediasi keuangan masih solid dengan pertumbuhan kredit perbankan masih pada level 2 digit serta didukung dengan profil resiko yang terjaga pada level yang rendah.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan, per Februari lalu secara year on year (yoy) kredit perbankan tumbuh 12,13% dengan rasio kredit bermaslaah atau non performing loan (NPL) gross perbankan sebesar 2,59%.

Baca juga : Stabilitas Sistem Keuangan Triwulan I 2019 Terjaga Baik

"Pertumbuhan kredit perbankan ini didorong oleh kredit-kredit yang sifatnya produktif yaitu kredit investasi yang tumbuh mencapai 13,96% dan kredit modal kerja yang tumbuh mencapai 12,75%," kata Wimboh Santoso dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan, Selasa (23/4).

Selain itu menurut Wimboh, penyaluran kredit perbankan didorong oleh empat sektor yang pertumbuhannya lebih tinggi dari rata-rata industri yaitu sektor pertambangan, listrik gas dan air, konstruksi serta transportasi.

Sedangkan pembiayaan dari lembaga pembiayaan masih tumbuh positif mencapai 4,61% secara tahunan dengan non performing financing (NPF) perusahaan pembiayaan relatif terjaga sebesar 2,70%. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More