Stabilitas Sistem Keuangan Triwulan I 2019 Terjaga Baik

Penulis:  Nur Aivanni Pada: Selasa, 23 Apr 2019, 20:55 WIB Ekonomi
Stabilitas Sistem Keuangan Triwulan I 2019 Terjaga Baik

ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/
MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa stabilitas sistem keuangan triwulan I 2019 terjaga dengan baik. 

Hal tersebut berdasarkan hasil pemantauan dari masing-masing lembaga anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan.

"Hasil pemantauan adalah bahwa stabilitas sistem keuangan triwulan I 2019 terjaga dengan baik," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (23/4).

Ia pun mengatakan bahwa pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung dengan aman dan damai turut serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap stabilitas sektor keuangan.

 

Baca juga: Jangan Takut Berinvestasi di Tahun Pemilu

 

Lebih lanjut, KSSK pun mencermati beberapa potensi risiko, khususnya yang berasal dari perekonomian global yaitu pelemahan pertumbuhan ekonomi global dan penurunan volume perdagangan dunia. Hal itu sebagaimana menjadi perhatian dalam Spring Meetings 2019 IMF-World Bank.

"Perekonomian global menunjukan tendensi pelemahan dan penurunan volume perdagangan dunia. Namun, di sisi lain hampir semuanya memberikan ucapan yang baik terhadap kinerja perekonomian Indonesia dan sektor keuangan," katanya.

Dari sisi domestik, sambung Sri Mulyani, tantangan yang dihadapi ialah bagaimana menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dengan terus memacu investasi dan ekspor serta menjaga stabilitas sistem keuangan Indonesia.

"Merespons hal tersebut yaitu kondisi global yang cenderung melemah dan keinginan kita untuk terus memacu dan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan investasi dan ekspor, KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan moneter, fiskal, makroprudensial, mikroprudensial dan penjaminan simpanan," tuturnya. (A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More