Kemenag Gelar Pembekalan 1.108 Petugas Haji 1440H

Penulis: Sitria Hamid Pada: Selasa, 23 Apr 2019, 19:50 WIB Humaniora
Kemenag Gelar Pembekalan 1.108 Petugas Haji 1440H

(Hanni Sofia)antara
Seribu calon petugas haji jalani pembekalan terintegrasi (Hanni Sofia

KEMENTERIAN Agama telah melakukan persiapan ibadah haji 1440H/2019M. Sekitar 1.108 petugas haji mulai mendapatkan pembekalan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Selasa (23/4).

Sekitar 1.108 petugas haji yang akan tergabung dalam Panitia Penyelenggara (PPIH) Arab Saudi tersebut akan mengikuti pembekalan selama 10 hari, dari hari ini hingga Kamis (2/5). Petugas haji tersebut berasal dari Kemenag, Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, dan media.

Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1140H/2019M akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Master of Training (MOT), Affan Rangkuti, mengatakan, petugas haji memiliki andil besar dalam indeks kepuasan jemaah haji yang tahun lalu mencapai 85,23%, dengan predikat sangat memuaskan.

"Hari ini merupakan hari penentu apakah indeks kepuasan haji akan naik atau turun di tahun ini. Selama 10 hari ke depan, petugas akan dilatih dan diberikan simulasi langsung terkait pelayanan di Arab Saudi," ujar Affan.

Ia menjelaskan, dalam 10 hari tersebut para petugas haji akan digembleng untuk bisa melayani jemaah haji dengan baik. Pembekalan akan diberikan materi-materi pada kelas besar, kelas daerah kerja, kelas daerah kerja terintegrasi, serta ditutup dengan simulasi pergerakan haji di Makkah, Madinah, dan Armina.
 

Baca juga: Tambahan Kuota Haji Dibahas Hari Ini

 

Dia berharap para petugas haji menunjukkan kedisiplinan dalam pembekalan, yang menjadi salah satu penilaian dalam keberhasilan kinerja petugas haji di Arab Saudi.

Direktur Bina Haji Kemenag, Khoirizy, dalam sambutannya mengatakan petugas haji memiliki tugas yang sangat mulia, yaitu membina, melayani, dan melindungi jemaah haji.

"Nilai pahalanya paling besar. Tidak ada amanah yang dijanjikan Allah yang hadiahnya itu surga, hanya amanah jadi petugas haji," kata Khoirizy.

Gelombang pertama keberangkatan jemaah haji dari Indonesia ke Madinah rencananya dilakukan pada 7 Juli 2019. Gelombang kedua pada 20 Juli 2019. Sementara pemulangan jemaah ke Tanah Air akan dilakukan mulai akhir Agustus hingga awal September. (A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More