Jumlah Petugas KPPS yang Meninggal Bertambah Jadi 119

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Selasa, 23 Apr 2019, 18:45 WIB Politik dan Hukum
Jumlah Petugas KPPS yang Meninggal Bertambah Jadi 119

MI/RAMDANI
Viryan Aziz

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz mengungkapkan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang meninggal dunia bertambah. Kebanyakan korban meninggal lantaran nonstop bekerja menghitung jumlah surat suara Pemilu 2019.

"Berdasarkan data yang kami himpun hingga pukul 16.30 WIB, petugas kami yang mengalami kedukaan ada 667 orang. 119 meninggal dunia, 548 sakit. Mereka tersebar di 25 provinsi," jelasnya di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Selasa (23/4).

Baca juga: Ada Petugas KPPS Tewas Ditabrak Babi Hutan

Viryan menuturkan pihaknya sudah bertemu dengan Kementrian Keuangan membahas santunan bagi petugas KPPS yang meninggal saat bertugas. KPU juga mengapresiasi karena sudah ada beberapa Pemprov yang juga akan memberikan santunan. Terkait besaran dana yang akan digelontorkan kepada keluarga korban KPPS, pemerintah belum menyebut angka pastinya.

"Itu nanti (besaran dana bantuan). Urusan teknis keuangan. Tapi prinsipnya ini jadi prioritas dan KPU apresiasi Kemenkeu berikan dukungan. Saat ini, sedang ada rekapitulasi di tingkat kecamatan dan kami harap korban tidak terus berjatuhan rekan-rekam kami," ucap Viryan.

"Kami juga menyampaikan dan mendapat respons positif dari Kemenkeu soal bantuan kesehatan di kecamatan. Kami ucapkan terima kasih kepada Kemenkeu yang mendukung santunan atau layanan kesehatan kepada jajaran kami," tandasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More