Selasa 23 April 2019, 14:15 WIB

AS akan Kirim FBI untuk Bantu Penyelidikan Teror Sri Lanka

Marcheilla Ariesta | Internasional
AS akan Kirim FBI untuk Bantu Penyelidikan Teror Sri Lanka

AFP/Jewel SAMAD
Serangan bom di Sri Lanka.

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjanjikan bantuan investigasi ke Sri Lanka. Dia mengatakan akan mengirimkan Biro Investigasi Federal (FBI) untuk membantu menginvestigasi serangan bom di salah satu negara di Asia Selatan tersebut.

"Washington akan mengirimkan bantuan investigasi dan mengirim agen FBI untuk membantu mendukung polisi Sri Lanka dalam melakukan penyelidikan," kata Trump di akun Twitter, dikutip dari laman The Straits Times, Selasa (23/4).

FBI juga telah menawarkan tim ahli untuk menguji serpihan bom dan hal terkait lainnya.

Trump mengatakan telah menelepon Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengenai janji tersebut.

Lewat Twitter, Trump juga mengaku telah berbicara dengan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena pada Minggu 21 April.

Baca juga: Sri Lanka Menyatakan dalam Keadaan Darurat

Namun tulisan di Twitter mengenai Presiden Sri Lanka tersebut dihapus Trump. Gedung Putih belum berkomentar mengenai apa maksud dari tindakan Trump tersebut.

"Saya menjanjikan dukungan Amerika Serikat ke Sri Lanka dalam membawa para pelaku ke pengadilan, dan para pemimpin menegaskan kembali komitmen mereka untuk memerangi terorisme global," imbuhnya.

Sedikitnya empat warga AS tewas dalam pengeboman di Sri Lanka, termasuk seorang siswa kelas lima sekolah dasar. Anak berusia sekitar 10 tahun itu diketahui bersekolah di Sidwell Friends di Washington.

Juru bicara Gedung Putih Hogan Hidley mengatakan rentetan bom di Sri Lanka merupakan aksi terorisme paling mematikan setelah terjadinya serangan 9/11. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More