Tiga Angka Penentu Langkah

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Selasa, 23 Apr 2019, 09:40 WIB Sepak Bola
Tiga Angka Penentu Langkah

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Persija

KEMENANGAN jadi hal yang tidak bisa ditawar Persija Jakarta saat menjamu wakil Filipina, Ceres Negros, di matchday keempat penyisihan Grup G Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, malam nanti. Tiga angka dalam laga tersebut akan menjaga asa 'Macan Kemayoran' untuk lolos ke babak selanjutnya.

Saat ini Persija ada di posisi tiga Grup G dengan poin empat dari tiga laga. Kemenangan atas Ceres Negros akan membuat Persija menyamai poin Becamex Bnh Duong yang berada di posisi kedua.

Ceres Negros sendiri berada di posisi puncak dengan poin sembilan dari tiga kemenangan. Dalam pertemuan pertama, Persija gagal membawa pulang kemenangan setelah kalah 0-1 di kandang Ceres Negros.

Pelatih Persija Ivan Kolev mengatakan, untuk bisa meraih poin penuh atas Ceres Negros bukan hal mudah. Kolev menegaskan Persija harus bekerja keras.

Dalam pandangan pelatih asal Bulgaria itu, Ceres Negros bukanlah tim sembarangan. Tim asuhan Risto Vidakovic itu dihuni banyak pemain asal Eropa.

"Kita harus pikir secara keseluruhan karena mereka bukan tim Filipina, ini seperti tim Eropa. Mereka terlatih di Eropa, mereka pikirannya seperti pemain Eropa. Tim ini memang kuat sekali, pengalamannya banyak di semua pemain," ujar Kolev, kemarin.

Lebih jauh, Kolev mengakui 'Macan Kemayoran' memang selalu di bawah tekanan mengingat suporter ingin Persija selalu menang.

"Persija, ini tim juara Indonesia. Setiap gim tentu saja ada tekanan karena yang kita tertarik itu bagaimana prestasi kita di depan suporter. Kami harus main bagus supaya semua suporter kita bisa puas," ujarnya.

Mantan pelatih Tira Persikabo itu juga menyebut telah mempelajari detail permainan lawan di pertemuan pertama. Ia sudah mengantongi daftar kelemahan Ceres Negros yang bisa dimanfaatkan tim asuhannya.

"Sebenarnya di gim pertama kita tidak begitu bagus. Walaupun begitu, kita ada beberapa peluang untuk gol. Tapi saya harap kita sudah bikin kesimpulan dan besok kita coba tunjukan prestasi yang lebih bagus daripada gim pertama," jelas Kolev.

Baca Juga: Persija Takluk di Markas Ceres Negros

Yakin menang

Bermain di kandang jelas memberi keuntungan bagi Persija. Dukungan Jakmania, suporter fanatik Persija, dipastikan akan menjadi penyemangat Ismed Sofyan dan kolega untuk meraih kemenangan.

Namun, bagi Ceres Negros, bermain di kandang Persija bukan masalah besar. Pelatih Ceres Negros Risto Vidakovic justru menilai Persija-lah yang dalam posisi tertekan. Keberadaan suporter di GBK besok justru bisa melecut motivasi pemain Ceres.

"Bagi kami ini adalah kesempatan bagus untuk bermain di stadion yang ramai. Saya harap stadion akan penuh besok, dan pemain saya bisa menikmati permainan," ucap Vidakovic.

"Bagi pemain saya, hal itu layaknya motivasi bermain di hadapan orang banyak. Saya ingin melihat bagaimana reaksi pemain bermain di hadapan 60 ribu orang. Pemain harus bermain dengan berani mengambil risiko. Jika kalah, kami tidak akan mati. Kami sudah memiliki sembilan poin, kalah tidak masalah, sekarang tekanan ada di pihak mereka," tegas Vidakovic. (R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More