Selasa 23 April 2019, 09:35 WIB

Mendikbud Tagih Komitmen Daerah Soal Zonasi PPDB

MI | Humaniora
Mendikbud Tagih Komitmen Daerah Soal Zonasi PPDB

MI/BAYU ANGGORO
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy

 

DAERAH telah rampung menetapkan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 dan tinggal menunggu implementasinya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pun menagih komitmen daerah dalam menjalankan aturan yang ada.

"Penetapan sistem zonasi PPDB sudah selesai di seluruh kabupaten, kota, dan provinsi. Tinggal menunggu ketaatan dan konsistennya," tegas Mendikbud, seusai meninjau UNBK di SMPN 19 dan SMPN 11 Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Mendikbud : Tahun Depan PPDB Akan Dihapus

Penerimaan siswa baru dilaksanakan melalui jalur zonasi dengan kuota minimal 90%. Ada empat hal baru dalam PPDB 2019, yakni penghapusan SKTM, lama domisili, pengumuman daya tampung, dan prioritas satu zonasi sekolah asal.

Menurutnya, ketentuan baru dalam Permendikbud 51/1018 yang sudah disosialisasikan selama 5 bulan itu, dianggap cukup sebagai bekal daerah dalam menegakkan aturan. Kepala daerah diingatkan untuk tidak memberikan hak-hak istimewa kepada pihat tertentu. "Untuk pelayanan publik negara harus melayani siapa saja," tegasnya. (Bay/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More