Blue Bonds, Pendanaan untuk Konservasi Laut

Penulis: MI Pada: Selasa, 23 Apr 2019, 09:30 WIB Humaniora
Blue Bonds, Pendanaan untuk Konservasi Laut

ANTARA FOTO/Ampelsa
Blue Bonds, Pendanaan untuk Konservasi Laut

PENDANAAN menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi dalam program konservasi lingkungan. Untuk membantu mengatasi masalah itu, organisasi konservasi global The Nature Conservancy (TNC) menawarkan program Blue Bonds yang mencakup pendanaan konservasi laut.

Program global itu disampaikan pada konferensi filantropi dunia TED, di Vancouver, Kanada, baru-baru ini. Para donor menyatakan dukungan mereka. Negara-negara pantai atau kepulauan seperti Indonesia bisa memanfaatkan program tersebut.

"Inti dari program Blue Bonds ialah kesepakatan. Negara pantai atau kepulauan agar berkomitmen dalam melindungi setidaknya 30% dari wilayah lautnya yang dekat dengan pantai, termasuk terumbu karang, mangrove, tempat pemijahan ikan, dan habitat, serta spesies laut penting lainnya," terang CEO TNC, Mark Tercek, melalui keterangan tertulis, Minggu (21/4).

Sebagai gantinya, lanjut Tercek, TNC akan membantu merestrukturisasi sebagian dari utang negara yang mengarah pada tingkat bunga yang lebih rendah dan periode pembayaran yang lebih lama, juga mendukung upaya konservasi yang sedang berlangsung, seperti meningkatkan manajemen perikanan dan mengurangi polusi.

Baca Juga: Konservasi Hiu dan Pari Butuh Data Memadai

"Para ilmuwan TNC akan membantu membuat rencana tata ruang laut dengan masukan dari masyarakat setempat, termasuk asosiasi perikanan, bisnis pariwisata, dan pejabat pemerintah. Keterlibatan lokal sangat penting untuk memastikan bahwa rencana tersebut mendukung ekonomi lokal secara berkelanjutan sambil melindungi habitat."

Mengutip riset para ilmuwan, Tercek menyebutkan bahwa tanpa perbaikan pengelolaan, 90% terumbu karang akan punah. Kenaikan muka air laut dan badai yang semakin kuat mengancam 40% populasi di dunia.

"TNC telah bekerja dengan banyak negara, merancang kawasan perlindungan laut selama 30 tahun. Kami mencari cara untuk melindungi daratan dan perairan, lalu mendanai perlindungannya," pungkas Tercek. (Nik/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More