Update Situng KPU: Jokowi-Amin Masih Unggul Hingga Senin Sore

Penulis: Putri Rosmalia Octaviyani Pada: Senin, 22 Apr 2019, 17:13 WIB Politik dan Hukum
Update Situng KPU: Jokowi-Amin Masih Unggul Hingga Senin Sore

MI/Rommy Pujianto
Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

DATA penghitungan suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 yang dimuat dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus bergerak. Data tersebut ditampilkan dalam portal pemilu2019.kpu.go.id. Hingga saat ini, pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih unggul dibandingkan dengan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hingga Senin (22/4/2019) pukul 16.00 WIB, data yang masuk telah mencapai 131.739 TPS dari total 813.350 TPS. Jika dipresentasekan, jumlah tersebut baru mencapai sekitar 16,19%

Baca juga: Keluarga Alumni UGM Kecam Upaya Delegitimasi KPU dan Pemilu

Hasil Situng sementara menunjukkan, Jokowi-Amin unggul dengan raihan suara 54,94% Sementara, Prabowo-Sandi mendapatkan suara 45,06%

Jokowi-Amin diketahui unggul di sejumlah provinsi, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Sementara itu, Prabowo-Sandi unggul di beberapa wilayah seperti Sumatra Barat, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.

Sementara untuk pemilu legislatif DPR RI, penghitungan telah dilakukan pada 47.828 TPS. Jumlah itu setara 5,8% dari total TPS yang ada.

PDIP memimpin dengan perolehan sementara sebesar 19,75% suara. Diikuti oleh Golkar 13,99%, Gerindra 11,29%, dan NasDem 9,76%.

KPU membuka help desk bagi masyarakat yang menemukan ketidaksesuaian data yang dipublikasi dalam Situng dengan data yang terdapat dalam hasil penghitungan suara dalam formulir C1 Kuarto. KPU juga membuka akses hasil pindai formulir C1 Kuarto di laman tersebut sehingga publik bisa mencocokan dengan data yang dientri KPU dalam Situng.

Setiap orang dapat mengakses Situng dan mengoreksi kesalahan entri dibuat KPU. Hal itu adalah bagian transparansi KPU sebagai penyelenggara pemilu. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More