Pemenuhan Standar Mutu Dorong Produk IKM Masuk Pasar Ekspor

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Senin, 22 Apr 2019, 17:30 WIB Ekonomi
Pemenuhan Standar Mutu Dorong Produk IKM Masuk Pasar Ekspor

Dok. Istimewa
Direktur Komersial 2 PT Surveyor Indonesia Darwin Abas memberikan sambutan pada peresmian kantor cabang perseroan wilayah Bali.

PEMERINTAH terus mendorong pertumbuhan ekspor dari berbagai sektor dan itu dibantu banyak pihak termasuk PT Surveyor Indonesia. Perusahaan pelat merah itu menilik potensi industri kecil dan menengah (IKM) di Provinsi Bali terutama produk makanan, minuman dan kerajinan untuk bisa masuk pasar dunia. Produk ekspor harus memenuhi standar mutu dan keamanannya sehingga perlu dipastikan sesuai dengan standar dunia.

"Di sinilah peran Surveyor Indonesia sebagai BUMN berpartisipasi menjadi mitra pemerintah, IKM, dan industri berorientasi ekspor di Provinsi Bali untuk melayani pengelolaan sistem manajemen mutu, sistem manajemen keamanan pangan, dan food packaging berdasarkan IDO 9001, ISO 22000 dan GMP, " ujar Direktur Komersial 2 PT Surveyor Indonesia (Persero), Darwin Abas saat mendampingi Direktur Utama PT Surveyor Indonesia saat meresmikan kantor cabang perseroan wilayah Bali, Denpasar, Bali, dalam keterangan resmi. Senin (22/4).

Menurut dia Bali memiliki banyak potensi produk yang bisa masuk pasar ekspor tetapi sebelumnya harus dipastikan standar mutu dan lainnya. Sejauh ini hambatan yang terjadi dari sulitnya barang nasional menembus pasar luar negeri akibat tidak adanya sistem manajemen mutu, sistem manajemen keamanan pangan, Good Manufacturing Practice (GMP) dan good packaging yang memenuhi standar.

Surveyor Indonesia, lanjutnya, akan menyediakan aplikasi berbasis IT bagi industri dan IKM Bali untuk mengelola sistem manajemen tersebut, menyediakan tenaga ahli konsultan sistem manajemen, training center dan membantu pemasaran produk melalui aplikasi e-commerce bagi IKM yang sudah disertifikasi oleh Surveyor Indonesia.

Baca juga: Peran IKM Harus Besar di Sektor Industri Perhiasan

"Disamping itu, kami juga hadir sebagai mitra sesama BUMN yang ada di Bali yaitu PLN, Pelindo 3 Angkasa Pura 1, Telkom dan ITDC untuk kegiatan inspeksi, sertifikasi dan konsultasi," tambahnya.

PT Surveyor Indonesia (Persero) wilayah Bali ini juga sudah menjadi mitra dinas-dinas di lingkungan pemerintahan provinsi, kabupaten/kota di Bali terkait kegiatan konsultasi dan survey sejak tahun 2004.

Ke depan PT Surveyor Indonesia akan meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah, menggali potensi proyek dan bisnis melalui kerjasama dan sinergi BUMN. "Yang terpenting tentu saja meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan menjaga kualitas delivery," tegas Darwin.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Dian M.Noer mengatakan kantor wilayah Bali ini merupakan langkah manajemen dalam memberikan pelayanan prima kepada klien. Salah satunya dalam mendorong perkembangan IKM di Bali.

"Kantor wilayah Bali ini merupakan perluasan wilayah kerja Cabang Surabaya untuk pelayanan prima kepada klien termasuk kalangan IKM di Bali," pungkasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More