Traveloka belum Berencana IPO dalam Waktu Dekat

Penulis: Haufan Hasyim Salengke Pada: Senin, 22 Apr 2019, 16:55 WIB Ekonomi
Traveloka belum Berencana IPO dalam Waktu Dekat

Ist
Kantor traveloka

PERUSAHAAN rintisan Traveloka yang telah bergelar unicorn atau perusahaan dengan valuasi di atas USD1 miliar mengisyaratkan tidak akan melakukan penawaran umum saham perdana (IPO) atau melantai di bursa efek dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Traveloka dilaporkan berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan jika terealisasi, perusahaan ini bakal menjadi unicorn pertama yang melantai di bursa efek.

Baca juga: Kementerian BUMN Tepis Isu Perombakan Direksi Garuda Indonesia

Pada awal pekan April, BEI memberikan sinyal PT Trinusa Travelindo (Traveloka) bakal melakukan penawaran saham perdana (IPO) lebih dulu dibanding tiga startup unicorn lainnya. BEI juga mendorong Gojek, Tokopedia, dan Bukalapak untuk melantai di bursa efek.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia menjelaskan pertemuan antara pihaknya dan Traveloka sudah dilakukan sejak tahun lalu. Salah satu poin utama yang menjadi pembahasan adalah soal pajak bagi perusahaan yang melalukan initial public offering (IPO).

PR Director Traveloka Sufintri Rahayu menyatakan untuk saat ini IPO belum menjadi fokus utama atau masuk dalam program jangka pendek perusahaan.

"Traveloka baru berjalan tujuh tahun dan request user kita luar biasa untuk pengemabangan layanan. Jadi, kami merasa fokus yang mau kita utamakan adalah membesarkan discovery platform," ujar Sufintri menjawab Media Indonesia di acara konfrensi pers Efic Sale 2019 di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/4).

Baca juga: Pemerintah Harus Benahi Sektor Kewirausahaan

Namun perusahaan penyedia situs dan aplikasi layanan tiket dan akomodasi wisata serta lifestyle ini menyebut IPO atau menjadi perusahaan terbuka (Tbk) sebagai aksi yang baik dan positif dari sebuah perusahaan.

Sufintri tak menampik adanya upaya penjajakan untuk peluang melepaskan saham ke publik saat diundang hadir dalam sebuah pertemuan oleh BEI beberapa waktu lalu. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More