Konsumsi BBM akan Naik 15,78% pada Masa Arus Mudik

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Senin, 22 Apr 2019, 16:45 WIB Ekonomi
Konsumsi BBM akan Naik 15,78% pada Masa Arus Mudik

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Aktivitas melayani warga mengisi BBM di SPBU Pulo, Pisang, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Aceh

PT Pertamina (Persero) memprediksi akan ada peningkatan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) secara harian sebesar 15,78% sepanjang periode arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Manajer PSO Pertamina Agus Taufik Harahap, dalam Rapat Koordinasi (rakor) Kesiapan Angkutan Lebaran 2019 di Gedung Cipta Kemenhub mengungkapkan pada situasi normal, konsumsi bensin rata-rata 92.563 kiloliter (kl) per hari. Sementara, pada masa arus mudik dan balik nanti diperkirakan penggunaan bensin akan mencapai 107.165 kl per hari

Baca juga: Kementerian BUMN Tepis Isu Perombakan Direksi Garuda Indonesia

Taufik menjelaskan, jumlah tersebut dihitung dari total kendaraan pribadi yang akan digunakan untuk pulang kampung pada Lebaran kali ini.

"Diprediksi jumlah kendaraan pribadi yang akan digunakan mencapai 10,61 juta unit, tumbuh 13,09% dari tahun sebelumnya," ujar Taufik, Senin (22/4).

Secara rinci, angka kendaraan itu terdiri dari 3,76 juta unit mobil dan 6,85 juta unit motor. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perseroan sejak H-7 hingga H+7 Lebaran akan menambah sarana penyaluran BBM dengan mengerahkan 26 unit mobil dispenser, 200 unit motor BBM kemasan, 55 kiosk Pertamina dan 115 buffer tank BBM di berbagai titik mudik. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More