Riset: Koalisi 01 Dominasi Kursi DPR Jateng V

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Sabtu, 20 Apr 2019, 15:52 WIB Politik dan Hukum
Riset: Koalisi 01 Dominasi Kursi DPR Jateng V

Antara
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo saat kampanye akbar di Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/4).

KOALISI partai politik (parpol) pendukung pasangan Calon Presiden (Capres) 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendominasi perolehan kursi DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah (Jateng V).

Berdasarkan hitung cepat yang dilakukan Charta Politika, lima parpol yang akan menempatkan anggota DPR dari Jateng V ialah PDIP, Golkar, NasDem, PKS, dan PKS.

Charta Politika mencatat dalam hitung cepat Pemmilu Dapil Jateng V yang telah mencapai 100%, PDIP meraih 40,02%, disusul oleh Golkar 11,74%, NasDem 10,96%, PKS 7,66%, dan PKB 7,19%. Adapun PAN 5,4% dan Gerindra 5,2%.

Baca juga: 01 Kuasai Parlemen, Jokowi-Amin Efektif

Berdasarkan hitung cepat, PDIP diperkirakan memperoleh empat kursi, sedangkan Golkar, NasDem, PKS, dan PKB masing-masing akan mendapatkan satu kursi di DPR RI.

Dapil Jateng V meliputi kota kediaman Jokowi, yakni Solo, Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten.

"PDIP masih dominan di Jateng, terkhusus di Jateng V," kata Direktur Riset Charta Politika Muslimin dalam keterangan tertulis yang diterima mediaindonesia.com, Jumat (19/4) malam.

Kehadiran putri Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, sebagai calon anggota legislatif (caleg) di wilayah itu juga berpengaruh besar terhadap suara Jokowi-Ma'ruf Amin dan PDIP.

Baca juga: Surya Paloh Totalitas Memenangkan Jokowi-Amin

Muslimin menjelaskan, berdasarkan simulasi sainte lague di dapil Jateng V, Charta Politika mengambil 200 sampel TPS. Proses sampling dilakukan secara acak dengan metode Stratified Cluster Sampling, margin of error sebesar +/- 1% dengan tingkat kepercayaan 99%.

"Jateng V ini memang istimewa, kita tahu ini daerah kelahirannya Jokowi salah satu kandidat presiden RI. Hasil survei kami juga menunjukkan di wilayah ini partai pendukung Jokowi sangat dominan. Untuk menghindari euforia berlebihan, rilis wilayah Jateng V ini kami keluarkan hanya setelah data masuk 100%," paparnya.

Ketua Komisi Saksi Partai NasDem I Gusti Putu Artha mengatakan, untuk dapil Jateng V, hasil yang diperoleh partai mereka tidak lepas dari kepandaian caleg merangkul tokoh berpengaruh.

"Ini tidak lepas dari merangkul tokoh-tokoh berpengaruh yang punya massa. Kunci rahasianya banyak tokoh berpengaruh juga di Jateng," paparnya. (X-15)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More