Gapai Cas Cis Cus dengan Gawai

Penulis: Rizky Noor Alam rizky@mediaindonesia.com Pada: Sabtu, 20 Apr 2019, 05:40 WIB Teknologi
 Gapai Cas Cis Cus dengan Gawai

Dero Iqbal Mahendra
Cakap sebagai Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah Secara Langsung

Mempelajari bahasa asing konon dapat memperlambat proses degenerasi otak.

ANDA yang ingin memperdalam kemampuan berbahasa asing, tetapi sulit menyisihkan waktu untuk ikut kursus konvensional, sekarang tidak perlu bingung. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, Anda dapat kursus bahasa asing via gawai. Jadi, bisa dilakukan kapan pun yang Anda mau. Berikut sejumlah aplikasi yang sudah Media Indonesia rangkum sebagai bahan rujukan Anda.

Cakap by Squline

Aplikasi ini awalnya dikenal dengan Squline yang berdiri sejak 2014. Bergerak dalam bidang edtech (teknologi pendidikan), aplikasi ini mempertemukan pengajar profesional dengan peserta didik secara real time dengan mekanisme live tutoring. Fitur tersebut membuat proses belajar-mengajar menjadi lebih fleksibel terutama dalam hal waktu dan tempat.

Cakap saat ini bisa Anda nikmati dalam versi website maupun aplikasi yang dapat diunduh di Playstore. Aplikasi berukuran 28 MB tersebut, memiliki berbagai kelebihan, seperti One on One Learning Method, jadwal yang fleksibel, dan laporan hasil belajar secara daring. Jika Anda sudah mengunduh aplikasinya, bisa mencoba sesi uji cobanya secara gratis. Pascadiunduh, Anda wajib mendaftarkan diri untuk menggunakan aplikasi, kemudian Anda akan diberikan pilihan kelas apa yang ingin ikuti.

Saat ini, Cakap memiliki empat layanan belajar bahasa, yaitu kelas bahasa Inggris, kelas bahasa Mandarin, kelas bahasa Jepang, dan kelas bahasa Indonesia. Setelah memilih kelas apa yang Anda ingin ikuti, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon untuk pengiriman kode verifikasi, dan proses pendaftaran pun selesai.

Setelahnya, Anda akan mendapatkan 1 kali sesi belajar gratis. Tampilan menunya amat mudah dipahami dengan jadwal tertera dengan detail serta level pembelajaran yang Anda kehendaki. Tidak hanya itu, wajah sang pengajar pun terpampang dalam menu.

Pada bagian menu, jika Anda ingin mengikuti kelas berbayar, tinggal mengklik saja nanti akan muncul dafatar harga. Tarif kelas berdenominasi rupiah atau dolar Amerika Serikat. Besarannya variatif, misalnya, kelas Short Course untuk 1 bulan dibanderol Rp797 ribu untuk 8 sesi. Adapun yang termahal ialah kelas Intensive English yang mana Anda diharuskan membayar sekitar Rp1,6 jutaan untuk mengikuti sesi kursus 3 kali per hari selama 12 bulan.

Ada pula kelas Cakap Live, yang memungkinkan Anda belajar dengan cara bercakap langsung dengan sang guru. Anda wajib menggunakan headset dalam kelas ini serta pastikan koneksi internet Anda baik. Pengguna aplikasi ini tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga sudah meliputi di beberapa negara lain, seperti Brunei Darussalam, Korea, Filipina, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat.

Duolingo

Mungkin Anda sudah cukup familier dengan namanya. Aplikasi berukuran 18 MB tersebut dapat diunduh secara gratis di Playstore. Jumlah pengunduhnya sendiri cukup fantastis, mencapai 100 juta kali pengunduhan.

Tidak mengherankan, lantaran aplikasi tersebut benar-benar gratis dalam menyediakan layanannya. Untuk pilihan bahasanya sendiri cukup banyak, ada sekitar 30 bahasa yang dapat Anda pilih dan pelajari, misalnya, bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Rusia, Portugis, Turki, dan Belanda.

Tidak hanya dalam bentuk aplikasi, Duolingo juga dapat Anda manfaatkan dalam bentuk website. Tampilan website-nya sendiri id.duolingo.com amat sederhana dan mudah dimengerti.

Cukup mengklik 'Mula' dan memilih bahasa yang ingin dipelajari Anda sudah dapat menggunakannya. Menurut kami aplikasi ini juga cocok digunakan anak-anak untuk melatih dan mempelajari bahasa asing dengan cara yang mudah. Setelah belajar, Anda dapat menguji kemampuan bahasa Anda seperti pada lembaga kursus konvensional, umpama menerjemahkan dan mendengarkan.

Memrise

Aplikasi ini juga terbilang mudah untuk digunakan. setelah Anda unduh dari Playstore, Anda tinggal pilih bahasa apa yang ingin dipelajari. Ada 19 pilihan bahasa. Selanjutnya, ada 2 level yang harus Anda pilih apakah beginner atau advanced. Setelah memilih, lakukan pendaftaran untuk proses lebih lanjut.

Proses pembelajarannya sendiri unik. Anda akan diberikan cuplikan video singkat yang berisikan para penutur asli yang mengucapkan kata-kata dalam bahasa masing-masing. Anda dapat turut melafalkannya seperti bagaimana para penutur asli melafalkannya.

Setelah sesinya selesai, Anda akan langsung diberi soal singkat tentang apa yang Anda pelajari sebelumnya. Bentuk soalnya sendiri semacam pilihan ganda yang mana Anda harus mencocokkan kosakata yang paling tepat. Soal tersebut akan terus diulang-ulang hingga Anda benar-benar memahami artinya.

Jika Anda berhasil menguasainya atau menghafalkannya, sistem dalam aplikasi ini akan menganggap Anda sudah mampu mengingat kosakata yang baru dipelajari. Tidak hanya itu, tampilan proses belajar Anda akan ditampilkan dengan amat menarik dengan jangka waktu 6 hari belajar. Untuk menikmati fitur lainnya secara penuh, Anda diwajibkan untuk membayar dengan harga normal sekitar Rp375 ribu untuk sesi selama satu tahun. Selamat mencoba! (M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More