Sabtu 20 April 2019, 04:00 WIB

Pemerintah Dorong Penghiliran Komoditas Kelapa

(Nur/E-1) | Ekonomi
Pemerintah Dorong Penghiliran Komoditas Kelapa

ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Pekerja memisahkan buah kelapa dari kulitnya di sentra kelapa

 

KEMENTERIAN Perindustrian terus memacu penghiliran komoditas kelapa agar menjadi produk industri dalam negeri yang bernilai tambah tinggi.

“Kita ketahui bahwa kelapa mempunyai banyak manfaat, dari akar sampai daun dan buah bisa diproduksi atau di­olah oleh sektor Industri Kecil Menengah (IKM) hingga industri besar. Jadi, upaya pengembangan IKM kelapa terpadu juga dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku agrobisnis kelapa,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam siaran persnya, Jumat (19/4)

Menurut Gati, bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah, seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Maluku Utara.

Program pengembangan IKM kelapa terpadu yang dilakukan Ditjen IKMA, lanjut Gati, ialah upaya pendekatan regional yang selaras dengan kebijakan daerah untuk mendorong peningkatan produksi kelapa dan olahan turunannya. Pengembangan tersebut tentunya berbasis kepada ketersedia­an sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi tepat guna, dan pasar.

“Kami bertekad untuk terus fokus mendorong sektor industri pengolahan kelapa di Tanah Air. Selain karena potensi alamnya yang melimpah, produk penghiliran industri kita harus berbasis bahan baku dalam negeri dengan kualitas yang mampu kompetitif di pasar ekspor,” tegas Gati.

Untuk diketahui, produk turunan kelapa sudah memberikan kontribusi nilai ekspor yang lebih besar jika dibandingkan dengan ekspor buah kelapa utuh.

Data BPS pada 2017 menunjukkan bahwa nilai ekspor buah kelapa sebesar US$121,9 juta, sedangkan nilai ekspor produk turunan kelapa mencapai US$1,2 miliar. (Nur/E-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More