Hasil Pilpres Dongkrak Minat Lelang SUN

Penulis: (Nur/Ant/E-1) Pada: Sabtu, 20 Apr 2019, 03:40 WIB Ekonomi
Hasil Pilpres Dongkrak Minat Lelang SUN

Foto:Istimewa
Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah

DIREKTUR Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan bahwa hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019 yang mengunggulkan paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin bisa menarik minat investor lebih besar dalam lelang surat utang negara (SUN)   pekan depan.

“Tanpa kemenangan Jokowi saja selama ini lelang SUN biasanya oversubscribe. Logikanya dengan kemenangan Jokowi (versi hitung cepat) minat investor akan lebih besar,” kata Piter kepada Media Indonesia, Jumat (19/4).

Kendati demikian, menurut dia, euforia pilpres ini masih akan terhambat dengan masih adanya saling klaim kemenangan. “Pihak paslon nomor urut 02 (Prabowo Subianto-Sandiaga Uno) mengklaim kemenangan walaupun quick count memenangkan paslon 01,” katanya.

Sebagai informasi, pemerintah akan melakukan lelang surat utang negara dalam mata uang rupiah untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam APBN 2019 pada 23 April mendatang. Ada tujuh seri SUN yang akan dilelang pemerintah, yakni SPN03190724, SPN12200106, FR0077, FR0078, FR0068, FR0079, dan FR0076.

Pemerintah menetapkan target indikatif dari lelang SUN sebesar Rp15 triliun, sedangkan target maksimal dipatok sebesar Rp30 triliun.

“Jadi, saya perkirakan ada pengaruh positif kemenangan Jokowi (versi hitung cepat), tapi dampaknya tidak akan terlalu besar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bahana TCW Investment Management optimistis pasar obligasi Indonesia masih menjadi incaran para investor pada 2019 karena adanya dukungan dari kondisi ekonomi nasional yang membaik.

Kepala Makroekonom Bahana TCW Investment Mana­gement Budi Hikmat mengatakan perhatian pemerintah untuk memperbaiki defisit neraca berjalan turut direspons positif pasar.

Ia menilai sikap The Fed yang cenderung dovish membuka peluang bagi Bank Indonesia untuk menurunkan suku bunga pada 2019. Selain itu, minat investor terhadap obligasi juga tidak lepas dari predikat investasi Indonesia yang berada di level investment grade. (Nur/Ant/E-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More