KPU Minta Masing-masing Kubu Menyudahi Klaim Kemenangan

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Jumat, 19 Apr 2019, 16:25 WIB Politik dan Hukum
KPU Minta Masing-masing Kubu Menyudahi Klaim Kemenangan

MI/RAMDANI
KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi menganggap wajar jika ada masing-masing kubu paslon yang saling mengklaim kemenangan. Namun, ia meminta kepada pihak untuk menyudahi klaim tersebut.

"Sudahlah klaim-klaim dari masing-masing pihak itu disudahi. Silakan menunggu proses penghitungan yang dilakukan oleh KPU, dan itu yang nanti akan kita kerjakan bersama-sama dengan semua partai politik dan semua tim pasangan calon presiden wakil presiden," ujarnya di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Jumat (19/4).

Di satu sisi, Pramono menilai wajar jika ada kubu yang mengklaim kemenangan karena merupakan ajang konstestasi politik. Hanya saja, hasil resmi pemilu 2019 pada perhitungan berjenjang secara manual yang akan diumumkan pada 22 Mei 2019.

"Saya kira klaim dari pihak masing-masing kan tentu ditolak oleh pihak yang lain, ini wajar karena kontestasi politik, KPU sangat menyadari itu. Oleh karena itu KPU menyediakan publikasi mengenai hasil penghitungan suara (melalui Situng)," jelas Pramono.

 

Baca juga: Klaim Kemenangan Tanpa Fakta, Ciderai Akal Sehat

 

"Mari kita kawal bersama-sama proses penghitungan itu. Mudah-mudahan itu bisa menjadi mekanisme dimana kemurniaan tiap suara yang diberikan oleh pemilih di TPS itu bisa kita jaga sampai di rekapitulasi tingkat nasional," tandasnya. (A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More