Olahraga Malam Lebih Baik daripada Pagi Hari

Penulis: Suryani Wandari Putri Pertiwi Pada: Sabtu, 20 Apr 2019, 12:00 WIB Weekend
Olahraga Malam Lebih Baik daripada Pagi Hari

AFP/William West
Lari di pagi hari.

ORANG menduga olahraga di pagi hari lebih sehat berkat paparan cahaya matahari. Padahal menurut penelitian yang baru mengatakan, jogging pada malam hari bisa menjadi lebih baik.

Tim peneliti dari Weizmann Institute of Science di Rehovot, Israel, dan University of California, Irvine mengatakan studi mereka merupakan yang pertama untuk membuktikan teori yang telah lama dipegang bahwa waktu sehari berdampak pada produktivitas olahraga.

Dilansir dari Dailymail, dalam penelitiannya yang dilakukan pada tikus, para ilmuwan mengatakan bahwa kinerja olahraga sekitar 50 persen lebih baik selama jam malam. Hewan pengerat yang berolahraga pada malam hari membutuhkan lebih sedikit oksigen, membuatnya lebih efisien, dan memiliki tingkat zat yang lebih tinggi dalam tubuh yang meningkatkan aktivitas metabolisme jaringan.

Olahraga menurut kedua tim  dipengaruhi oleh ritme harian (sirkadian) yang  terhubung dengan siklus terang-gelap, atau berapa jam siang dan malam. Ditemukan di seluruh sistem saraf dan organ perifer, 'gen jam' ini bahkan berperan dalam perbaikan DNA, kesuburan dan efektivitas obat-obatan.

Namun, jika tubuh Anda tidak menerima sinyal-sinyal ini, ritme sirkadian Anda dapat sepenuhnya dibuang. Orang dengan gangguan ritme sirkadian mereka secara rutin telah terbukti memiliki umur yang lebih pendek dan lebih rentan terhadap kanker, serta menderita berbagai gangguan tidur seperti insomnia.

"Sudah cukup diketahui bahwa hampir setiap aspek fisiologi dan metabolisme kita ditentukan oleh jam sirkadian," kata penulis senior studi pertama Dr Gad Asher, seorang peneliti utama di Weizmann Institute of Science. Ia pun mengatakan setiap organisme yang sensitif terhadap cahaya. (M-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More