Kemendag Sebut 7 Perusahaan Swasta Bakal Dapat Izin Impor Bawang

Penulis: Nur Aivanni Pada: Kamis, 18 Apr 2019, 20:38 WIB Ekonomi
Kemendag Sebut 7 Perusahaan Swasta Bakal Dapat Izin Impor Bawang

MI/Ferdian Ananda Majni
Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan

DIREKTUR Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan bahwa 7 dari 8 perusahaan swasta akan mendapatkan izin impor bawang putih.

Hanya saja, Oke tidak mengutarakan berapa banyak impor bawang putih yang akan dilakukan oleh ketujuh perusahaan tersebut.

"Mudah-mudahan, saya harapkan sore ini selesai (izin impornya)," kata Oke saat ditemui di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/4).

Oke menjelaskan bahwa delapan perusahaan yang mendapatkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) sudah mengajukan untuk mendapatkan izin impor bawang putih.

Baca juga : Kemendag Gelar Operasi Pasar Bawang Putih untuk Turunkan Harga

Namun, hanya tujuh perusahaan yang dinyatakan lengkap. "Tujuh (perusahaan swasta) akan keluar (izin impornya)," katanya.

Lebih lanjut, kata Oke, pihaknya sudah meminta kepada ketujuh perusahaan tersebut untuk melaporkan kapan impor bawang putih tersebut akan masuk ke dalam negeri dan akan melalui pelabuhan mana. Hal itu dilakukan agar pihaknya bisa melakukan langkah selanjutnya.

Saat ditanyakan terkait bagaimana penugasan impor bawang putih kepada Perum Bulog sebagaimana hasil keputusan rakor terbatas pada Senin (18/3) malam. Oke mengatakan bahwa penugasan tersebut belum ada.

Sebagai informasi, pemerintah telah menugaskan Bulog untuk melakukan impor sebesar 100 ribu ton bawang putih dari Tiongkok. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More