Ekonomi RI bakal Menggeliat Pascapemilu

Penulis: Husen Miftahudin Pada: Jumat, 19 Apr 2019, 01:40 WIB Ekonomi
Ekonomi RI bakal Menggeliat Pascapemilu

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Gedung bertingkat terlihat dari kawasan Sudirman, Jakarta,

PRESIDEN Direktur PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) Ketut Budi Wijaya mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019. Usai pesta demokrasi lima tahunan itu, dia yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin menggeliat.
 
"Kami berharap tentu dengan suksesnya pemilu 2019 kami berharap pasar ekonomi akan kembali pulih," ujar Ketut usai konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Kamis, 18 April 2019.
 
Menurut Ketut, peningkatan perekonomian nasional akan mulai terlihat pada rentang kuartal tiga hingga kuartal empat tahun ini. "Pasar ekonomi pulih di kuartal ketiga dan kuartal empat tahun ini," sebut dia.

Sebab, jelasnya, usai pelantikan presiden biasanya kerap membuat iklim dunia usaha khususnya dari sisi permintaan terhadap properti melonjak. Para investor akan memandang perekonomian nasional secara lebih optimis.
 
"Pasar baru akan pulih di kuartal tiga dan kuartal empat akhir tahun, biasanya setelah pelantikan presiden yang baru. Biasanya setiap habis pemilu terjadi cycle, naik dari permintaan dan semua orang optimis. Permintaan properti di-drag oleh optimisme," ungkapnya.
 
Soal fokus utama perseroan di tahun ini, LPKR akan segera menyerahkan produk-produk yang sudah dijual kepada pembeli. Sementara di tahun depan, perusahaan akan memulai langkah ekspansif.
 
"Tahun ini akan sedikit launching dan terbatas pada unit-unit yang kecil, namun untuk selanjutnya penjualan lebih dipusatkan pada penjualan persediaan atau inventory. Jadi fokus kami konsol sampai akhir 2019, dan 2020 baru kami akan mulai dengan langkah-langkah yang sifatnya ekspansif," urainya.
 
Sepanjang 2018, LPKR membukukan pendapatan sebanyak Rp12,5 triliun, naik 18 persen dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp10,5 triliun.
 
Peningkatan pendapatan ini sebagian berasal dari penjualan investasi perseroan di First REIT (Real Estate Investment Trust) dan pendapatan dari divisi healthcare yang menyumbang hampir setengah dari total pendapatan perseroan.
 
Sementara itu, divisi Development dan divisi Komersial (Mal Ritel) masing-masing menyumbangkan pendapatan sebesar 37 persen dan tiga persen dari total pendapatan LPKR.(medcom/OL-9)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More