Kamis 18 April 2019, 08:05 WIB

Ketika Rakyat Menentukan Pilihan

Sumaryanto Bronto/P-1 | Politik dan Hukum
Ketika Rakyat Menentukan Pilihan

ANTARA/AJI STYAWAN
Warga terdampak banjir akibat luapan Sungai Dombo-Sayung mengamati daftar calon legislatif dan presiden Pemilu 2019 di TPS 20 Desa Sayung, D

 

PEMILU dipandang sebagai bentuk paling nyata dari kedaulatan yang berada di tangan rakyat serta wujud paling konkret partisipasi rakyat dalam penyelenggaraan negara. Rabu, 17 April 2019, menjadi catatan sejarah perpolitikan bangsa Indonesia. Indonesia berpesta, jantung para petinggi partai politik boleh saja berdebar cemas menjelang tempat pemungutan suara (TPS) dibuka pada Rabu (17/4) pagi.

Namun, bagi masyarakat, ini pesta yang menggairahkan. Para petugas TPS berdandan dengan pakaian terbaik. Begitu pula para pemilih yang duduk tertib menanti giliran menyalurkan aspirasi. Lihat saja antusiasme warga terdampak banjir akibat luapan Sungai Dombo-Sayung di TPS 20 Desa Sayung, Demak, Jawa Tengah. Banjir tak menyurutkan semangat mereka untuk melakukan pencoblosan.

Dari bilik-bilik suara, rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke dihadapkan dengan berbagai pilihan tokoh, politisi, hingga artis yang mencalonkan diri.

Rabu yang teramat istimewa buat negeri ini. Proses pendewasaan telah membuat ketegangan di tingkat elite tak sampai ke akar rumput.

Sepanjang siang hingga berpekan-pekan kemudian, pemilu akan menjadi topik favorit para ibu saat berbelanja di tukang sayur, para bapak di warung kopi, serta para pekerja saat mereka makan siang. Tentunya juga saat mereka berbincang di media sosial. Di akar rumput, warga bertukar argumentasi, mungkin juga saling cela berbalut canda pada sikap politik sang kawan.

Ujung jari telah bertintakan biru yang menandakan partisipasi aktif rakyat Indonesia dalam kepedulian terhadap perjalanan bangsa ini lima tahun ke depan. Semoga keriangan ini akan terus berlanjut dan kedamaian senantiasa memayungi negeri ini. (Sumaryanto Bronto/P-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More