Berbeda Pendapat dan Pilihan Lumrah

Penulis: Haufan Hasyim Salengke Pada: Kamis, 18 Apr 2019, 08:00 WIB Advertorial
Berbeda Pendapat dan Pilihan Lumrah

Metro TV
Provocative Mindset

PERBEDAAN pendapat dan pilihan dalam suatu masyarakat ialah hal yang lumrah dalam sebuah negara demokrasi yang menjunjung kebebasan berekspresi dan menyampaikan pendapat karena dilindungi undang-undang.

Justru hal yang tidak normal ketika dunia ini dipenuhi dengan pandangan yang beragam. Betapa monoton dan datarnya nuansa kehidupan yang berjalan seragam tanpa adanya inovasi dan kreativitas. Dalam hal keberagaman ini, bangsa Indonesia memiliki semboyan yang dikenal sebagai Bhinneka Tunggal Ika, yaitu meskipun berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Namun, tentu setiap orang harus tetap menghormati pendapat orang lain yang berbeda dengannya. Asas Bhinneka Tunggal Ika menjadi pijakan bangsa atau setiap orang untuk menjunjung nilai-nilai toleransi. Itulah tanda kecerdasan dan kebesaran jiwa seseorang. Inilah aturan hidup yang berlaku universal atau di seluruh dunia.

Baca juga: Cerdas dalam Menikah

Adapun orang yang tidak bisa menghormati pendapat orang lain akan sulit untuk hidup berdampingan di tengah masyarakat. Pasalnya, manusia ialah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Jadi, setiap orang harus menjaga nilai-nilai luhur yang dibangun pendiri bangsa seperti yang terpatri dalam Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. (S2-25)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More