Kemenangan Jokowi akan Pengaruhi Pelaku Pasar

Penulis: Atalya Puspa Pada: Rabu, 17 Apr 2019, 19:20 WIB Ekonomi
Kemenangan Jokowi akan Pengaruhi Pelaku Pasar

MI/GINO F HADI
Bhima Yudhistira

HASIL penghitungan cepat (quick count) calon presiden 2019 dari berbagai lembaga survei menunjukan keunggulan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira menyatakan hal tersebut akan memberikan peluang bagi penguatan nilai tukar rupiah dan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke arah yang lebih baik.

"Pengaruhnya sudah terlihat. IHSG positif, rupiah di 14 ribu per dolar Amerika Serikat. Ada optimisme dari pelaku pasar karena hari ini pun pemilu berlangsung dengan aman," kata Bhima kepada Media Indonesia, Rabu (17/4).

Dirinya menyatakan, pelaku pasar akan merasa tenang saat kubu petahana berada dalam posisi aman. Pasalnya, para pelaku pasar telah mengetahui arah kebijakan ekonomi yang diusung oleh paslon tersebut.

Baca juga: Kinerja Pasar Saham Meningkat Selama Tahun Politik

"Nanti ada stabilitas yang harapannya bisa tercipta karena pertahana menang lagi. Ini yang membuat investor cukup tenang," ujarnya.

Namun begitu, dirinya menilai setelah masa pemilihan presiden hari ini, pada Oktober nanti merupakan masa penentuan bagi para pelaku pasar.

Pasalnya, pada Oktober akan ada penyusunan kabinet dari pasangan terpilih yang akan menentukan berbagai kebijakan.

"Karena nanti kita akan lihat menteri siapa yang profesional, menteri siapa yang disukai oleh pasar. Itu yang menjadi pengaruh paling besar bagi keputusan investor," tuturnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More