LSI: Segmen Wong Cilik Penyebab Kemenangan Jokowi-Amin

Penulis: Golda Eksa Pada: Rabu, 17 Apr 2019, 17:00 WIB Politik dan Hukum
LSI: Segmen Wong Cilik Penyebab Kemenangan Jokowi-Amin

MI/Bary Fathahilah
Wartawan melihat hasil survei LSI Denny JA bertajuk Jokowi di Ambang Menang Telak, Jakarta, Jumat (12/4)

LEMBAGA survei LSI Denny JA menyebut segmen wong cilik merupakan faktor utama yang membuat paslon 01 Jokowi-Amin unggul atas paslon 02 Prabowo-Sandi. Demikian hasil exit poll LSI Denny JA yang dirilis di Kantor LSI, Jakarta, Rabu (17/4).

Denny JA selaku pendiri lembaga survei LSI mengatakan jumlah wong cilik yang notabene pemilih dengan penghasilan di bawah Rp2 juta per bulan dan sesuai data BPS diperkirakan mencapai 50% dari populasi.

"Nah, jadi mereka itu menjadi penentu siapa yang akan terpilih. Apalagi masyarakat di segmen itu juga tidak tersentuh media sosial, seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya," ujar Denny.

Pemilih kategori wong cilik, sambung dia, merupakan masyarakat yang tidak tersentuh riuh rendahnya politik. Mereka juga lebih memilih menonton hiburan serta merasa dipuaskan dengan pelbagai program populis Jokowi.

"Program itu seperti pembagian sertifikat tanah gratis, kartu pintar, kartu sehat. Ini mereka militan dan mayoritas mendukung Jokowi," terang dia.

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul di Lebanon

Selain dukungan dari wong cilik, Jokowi-Amin juga mendapat sumbangan suara dari segmen minoritas. Walaupun angka kelompok minoritas diperkirakan hanya sebesar 10-11%, namun masyarakat di segmen tersebut justru sangat merindukan pemimpin yang punya spirit keberagaman dan menjaga persatuan.

Sedangkan segmen ketiga, imbuh dia, yaitu dukungan dari komunitas muslim seperti Nahdlatul Ulama. Komunitas yang susah disentuh Prabowo-Sandi, itu lebih memilih Jokowi-Amin.

"Dan ini adalah pesan keras bahwa Jokowi-Maruf sekarang terpilih," pungkas Denny.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More