Bawaslu Terus Pantau Dugaan Pelanggaran pada Hari Pemilihan

Penulis: M Ilham Ramadhan Avisena Pada: Rabu, 17 Apr 2019, 14:40 WIB Politik dan Hukum
Bawaslu Terus Pantau Dugaan Pelanggaran pada Hari Pemilihan

MI/ROMMY PUJIANTO
Fritz Edward Siregar

ANGGOTA Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar menyatakan pihaknya tetap memantau media sosial untuk mengawasi hoaks dan aktivitas kampanye.

"Bawaslu sampai sekarang juga masih melakukan pengawasan terhadap media sosial, masih banyak hoaks dan juga iklan kampanye yang masih dilakukan peserta pemilu," kata Fritz di Jakarta, Rabu (17/4).

Pemantauan tersebut menurut Fritz memang dilakukan Bawaslu meski sudah memasuki hari pemilihan. Seusai mencoblos di kawasan Duren Sawit, Fritz pun langsung ke kantornya untuk melakukan pembaruan data terkait dengan laporan pelanggaran yang terjadi di tiap wilayah.

Baca juga: Jelang Penutupan, Bawaslu Awasi Dugaan Pelanggaran Kampanye

Adapun pengawasan dilakukan Bawaslu juga secara langsung di beberapa wilayah Tanah Air. Pemantauan juga dilakukan ke sejumlah TPS untuk memastikan pelaksanaan pencoblosan, serangan fajar, ketersediaan surat suara, dan soal DPK.

"Serangan fajar, karena sampai dengan tadi pagi ada beberapa kejadian yang sudah ditemukan. Mungkin teman-teman tahu ada penangkapan sembako di Jakarta Barat, ada pembagian voucher BBM di daerah sulawesi Selatan," imbuhnya.

"Kemudian, bagaimana pemenuhan hak pilih terkait dengan kesediaan tadi, surat suara. Beberapa tempat ada yang surat suaranya tidak cukup dan apakah dapat dipergunakan di tempat yang lain dengan mempergunakan sisa suara," sambung Fritz. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More