Rabu 17 April 2019, 09:15 WIB

TPS Becak Cinderejo Dibuat untuk Ingatkan para Pemimpin

MI | Nusantara
TPS Becak Cinderejo Dibuat untuk Ingatkan para Pemimpin

MI/WIDJAJADI
TPS BECAK: Petugas KPPS tengah membuat TPS dengan kreasi becak di TPS Cinderejo Lor, Gilingan, Solo, Jawa Tengah, kemarin.

 

BERAGAM cara dilakukan para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk membuat gelaran Pemilu 2019 yang akan berlangsung pada 17 April ini, berjalan semarak dan mampu meningkatkan partisipasi pemilih. Seperti yang dilakukan di TPS 10 Cinderejo Lor, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, yang merancang TPS dengan gaya becak.

"Ya, ini sebenarnya bukan ide murni kami, melainkan dari seorang kreator seni, Mas Mayor Haristanto, yang ingin membantu menyemarakkan pesta demokrasi lima tahunan ini, dan sekaligus untuk menurunkan tensi politik yang sebelumnya sempat memanas," ujar Ketua KPPS Cinderejo Lor, Daryanto, kemarin.

Disepakati segenap warga, pihak KPPS pun akhirnya menyiapkan becak yang dirancang sebagai bilik untuk mencoblos pemilih. Ada 4 becak, digunakan sebagai bilik coblosan yang dikreasi sedemikian rupa dan unik.

Mayor Haristanto mengaku hatinya terketuk saat melihat Kampung Cinderejo Lor berada di pinggiran Kali Anyar. Untuk itu, dibuatlah TPS Becak dengan maksud membantu masyarakat agar lebih tergerak pergi ke TPS dan menggunakan haknya untuk mencoblos Pemilu 2019 ini.

Baik Daryanto maupun Mayor sepaham bahwa TPS Becak di Cinderjo Lor, Gilingan, ini memiliki misi, membela keberadaan becak yang semakin kehilangan pamor karena digerus zaman. Keberadaan transportasi daring baik roda dua maupun roda empat semakin meniadakan peran becak.

Baca Juga : Kiai Ma'ruf Pilih Olahraga dan Sarapan Sebelum Nyoblos

"Di kampung Cinderjo ini banyak pengemudi becak," imbuh Daryanto.

Mas Mayor berharap dengan adanya TPS Becak ini, akan mengingatkan para stakeholders dan juga pemerintah daerah, bahwa becak masih bisa diberdayakan di zaman yang semakin maju ini.

"Ya, bisa untuk becak wisata misalnya," timpal Mas Mayor.

Lebih dari itu, TPS gaya becak ini dimaksudkan juga untuk membuat penasaran masyarakat atau pemilih yang tadinya kurang berminat sehingga akhirnya bersedia berbondong-bondong menyukseskan Pemilu 2019 dengan cara pergi ke TPS dan mencoblos.

"Inilah keunikan TPS Becak Cinderejo, selain dimaksudkan untuk merangsang jumlah pemilih yang maksimal, dan agar tidak golput, juga bisa untuk menurunkan tensi tinggi politik menjelang 17 April," tutup Mayor yang dikenal sebagai Presiden Aeng Aeng itu. (Widjajadi/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More