Lumat MU, Barcelona ke Semifinal Liga Champions

Penulis: Gregorius Gelino Pada: Rabu, 17 Apr 2019, 08:58 WIB Sepak Bola
Lumat MU, Barcelona ke Semifinal Liga Champions

AFP/PAU BARRENA
Pemain Barcelona merayakan kemenangan mereka atas Manchester United.

BARCELONA memastikan satu tempat di babak semifinal Liga Champions usai menaklukkan tamunya, Manchester United, dengan skor 3-0 pada laga leg kedua babak perempat final, Kamis (17/4) dini hari.

Berkat kemenangan itu, Barca unggul 4-0 secara agregat karena di leg pertama sukses menaklukkan United dengan skor 1-0.

Pertandingan berlangsung terbuka. Kedua tim saling jual-beli serangan sejak awal laga. Bahkan, Barcelona hampir membuka keunggulan di menit ke-11 ketika Fred dianggap menjegal Ivan Rakitic di kotak terlarang. Namun usai berkonsultasi dengan VAR, wasit menilai hal tersebut bukanlah pelanggaran.

Tapi hal tersebut tidak banyak berpengaruh. Barca akhirnya membobol gawang David De Gea di menit ke-16.

Berawal dari kesalahan Ashley Young dalam usahanya mengoper bola, Messi mampu mencuri bola di sisi kiri pertahanan United. Setelah menggocek bola melewati Fred, penyerang 31 tahun itu melepaskan tembakan melengkung ke pojok kanan gawang David De Gea.

Baca juga: Ajax Singkirkan Juventus dari Liga Champions

Empat menit kemudian, Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan kaki kanannya dari luar kotak penalti sebenarnya bisa saja diselamatkan De Gea, tapi kiper timnas Spanyol itu melakukan blunder dan bola bergulir masuk menggetarkan jala gawang United untuk kali kedua.

Sergi Roberto nyaris membawa tuan rumah unggul tiga gol di babak pertama pada menit ke-45+2. Sayang tembakannya memanfaatkan umpan silang Jordi Alba mengarah tepat ke De Gea. Hingga turun minum, skor 2-0 untuk keunggulan Barcelona tetap bertahan.

Di babak kedua, Barcelona mencoba menurunkan tempo permainan dan menguasai lini tengah agar serangan balik yang coba dibangun United tidak berkembang.

Strategi tersebut terbilang jitu karena tim asuhan Ernesto Valverde itu mampu mencetak gol ketiga mereka di menit ke-61.

Berawal dari umpan terobosan Alba, Coutinho mampu menguasai bola dan melepaskan tembakan melengkung dari sisi kanan pertahanan United sekaligus memaksa De Gea memungut bola dari gawangnya untuk kali ketiga.

Di sisa waktu yang ada, United tetap gagal mencetak gol. Skema pressing yang diandalkan Ole Gunnar Solskjaer berkali-kali berhasil dilewati anak-anak Katalunya. Alhasil, skor 3-0 bertahan untuk keunggulan Barcelona. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More