Rabu 17 April 2019, 08:44 WIB

Ajax Singkirkan Juventus dari Liga Champions

Gregorius Gelino | Sepak Bola
Ajax Singkirkan Juventus dari Liga Champions

AFP/Marco Bertorello
Para pemain Ajax merayakan keberhasilan mereka melaju ke semifinal Liga Champions selepas laga melawan Juventus.

 

JUVENTUS di luar dugaan takluk dari Ajax Amsterdam meski memainkan laga leg kedua perempat final Liga Champions di markas sendiri. Dalam laga yang berlangsung di Allianz Stadium, Kamis (17/4) dini hari, Juve takluk di tangan Ajax dengan skor tipis 1-2.

Berkat hasil ini, Ajax berhak melaju ke semifinal. Pasalnya, pada leg pertama, mereka bermain imbang 1-1 sehingga berhak lolos dengan agregat 3-2.

De Godenzonen pantas berterimakasih kepada kapten mereka, Matthijs de Ligt. Bek 19 tahun itu mencetak gol penentu memanfaatkan sepak pojok di menit ke-67.

Secara statistik, kedua tim bisa dibilang berimbang. Juve menguasai 51% bola, sementara Ajax sisanya. Namun, Ajax lebih banyak menciptakan peluang dengan 14 tembakan di mana empat di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Bianconeri mencatatkan 13 tendangan dengan tiga yang menemui sasaran.

Baca juga: Real Madrid yang tidak Kunjung Bangkit

Tuan rumah sebenarnya unggul lebih dulu di menit ke-28 usai Cristiano Ronaldo menggetarkan gawang Andre Onana. Mendapat umpan sepak pojok Miralem Pjanic, bomber asal Portugal itu menanduk bola tanpa bisa diantisipasi Onana.

Sayangnya, keunggulan tim asuhan Massimiliano Allegri itu tidak bertahan lama. Enam menit kemudian atau tepatnya di menit ke-34, Ajax mampu menyamakan kedudukan.

Tembakan Hakim Ziyech dari luar kotak penalti membentur salah satu pemain Juve. Bola bergulir ke arah Donny van de Beek dan tanpa ampun gelandang Ajax itu menghujam bola ke gawang Wojciech Szczesny.

Di sisa waktu yang ada, kedua tim mencoba melancarkan serangan ke lini pertahanan masing-masing. Namun hingga turun minum, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Ajax memulai babak kedua dengan agresif. Ziyech nyaris membawa timnya unggul andai sepakannya tak mampu diantisipasi Szczseny. Begitu juga dengan usaha van de Beek.

Ajax akhirnya berbalik unggul di menit ke-67 usai sang kapten, de Ligt, mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan sepak pojok Lasse Schone, penggawa timnas Belanda itu mampu melompat lebih tinggi ketimbang Alex Sandro dan Daniele Rugani untuk menyambut bola sekaligus menggetarkan gawang Juve untuk kedua kalinya.

Setelah unggul, Ajax mencoba menurunkan tempo permainan. Namun, Juve memiliki ide sebaliknya. Mereka semakin gencar menggempur lini pertahanan Ajax.

Asa sempat menghampiri suporter tuan rumah di menit ke-90 setelah Daley Blind dianggap menyentuh bola dengan tangannya. Tapi, wasit menganulir keputusannya usai berkonsultasi dengan VAR.

Meski mendapatkan tambahan waktu tiga menit, Juve tidak mampu mencetak gol penyama kedudukan. Berkat hasil ini, Ajax berhak melaju ke semifinal dengan agregat 3-2 karena di leg pertama tim asuhan Erik ten Hag itu bermain imbang 1-1 dengan Juve. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

AFP

Arsenal Terpuruk, Arteta tetap Enggan Jual Pemain Bintang

👤Ant 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:12 WIB
Pernyataan tersebut dilontarkan pelatih The Gunners tersebut di tengah kabar tentang spekulasi masa depan penyerang...
GABRIEL BOUYS / AFP

Zidane Ingin Messi tetap di Spanyol Meski Tak di Barcelona

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 03 Juli 2020, 18:18 WIB
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane berharap Messi akan tetap berada di Spanyol meski tidak lagi di...
Antara/Raisan Al Farisi

Klub Keberatan Liga 1 Dilanjutkan, PSSI Buka Ruang Diskusi

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Juli 2020, 16:34 WIB
Setidaknya ada tiga klub yang keberatan, yaitu Persebaya Surabaya, Persik Kediri dan Barito Putera. Mereka khawatir dengan penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya