Rabu 17 April 2019, 06:40 WIB

Ujian Paket C Tingkatkan Daya Tawar

(YR/N-3) | Nusantara
 Ujian Paket C Tingkatkan Daya Tawar

yusuf
Para peserta UNBK Kesetaraan sedang mengerjakan soal soal UNBK yang diadakan di salah satu SMA di Lombok Barat NTB

 

PELAKSANAAN ujian penyetaraan di Kabupaten Lombok Barat mendapat apresiasi karena bisa memberikan nilai tawar bagi masyarakat saat memasuki dunia kerja.

Hal itu diungkapkan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid di Gerung, kemarin. "Tidak hanya untuk paket A dan B, tapi juga penyetaraan untuk SMA sederajat atau paket C akan sangat bermanfaat untuk masyarakat," kata Fauzan kepada wartawan.

Di samping membuka kesempatan untuk pendidikan lebih tinggi, lanjutnya, penyetaraan paket C juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki daya tawar lebih di dunia pekerjaan. Apalagi, jika diikuti dari awal proses pembelajarannya, nilai yang diperoleh akan sama dengan sekolah umum.

Menurut Fauzan, manfaat lain ujian penyetaraan ialah akan mendongkrak capaian indeks pembangunan manusia Kabupaten Lombok Barat di sektor pendidikan, terutama untuk komposit angka rata-rata lama sekolah yang pada 2018 lalu baru mencapai 6,15 tahun.

Dalam menanggapi hasil pelaksa-naan penyetaraan, dia mengaku kaget dengan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk paket B.

"Di tingkat SMP saja belum banyak sekolah yang menerapkan UNBK, tapi di ujian penyetaraan sudah bisa," ujar Fauzan.

Sementara itu, terkait ujian ke-se-taraan paket C untuk tingkat SMA di Kabupaten Lombok Barat, dia meng-ungkapkan telah berlangsung sejak 13 April dan berakhir kemarin. Sebanyak 641 siswa penyetaraan mengikuti UNBK yang seluruhnya mengambil program jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Di kesempatan sama, Kepala Bidang PAUD Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat, Rosdiana, menjelaskan terdapat 14 lembaga pembelajaran yang terdiri atas pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), pondok pesantren sala-fiah, dan sanggar kegiatan belajar mengikuti ujian penyetaraan yang sudah mengaplikasikan penggunaan komputer. (YR/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More