Redam Lonjakan Harga, Mendag Minta Importir Keluarkan Stok Bawang

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 16:15 WIB Ekonomi
Redam Lonjakan Harga, Mendag Minta Importir Keluarkan Stok Bawang

antara
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sidak harga bawang

MENTERI Perdagangan Enggartiasto Lukita bertemu para importir bawang putih dan meminta mereka untuk mengeluarkan stok yang ada di gudang, Selasa (16/4). Hal tersebut harus dilakukan untuk meredam lonjakan harga yang terus terjadi sejak awal Maret akibat minimnya suplai di pasar.

Saat ini, berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga bawang putih ukuran sedang masih bertahan tinggi dengan rata-rata Rp43.100 per kg, naik 3,48% dari hari sebelumnya.

Baca juga: Mendag Undang Importir Bawang Buka Gudang Operasi Pasar

Terkait impor bawang putih, ia mengatakan akan mengikuti Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2017 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura.

Di dalam ketentuan itu, importir baru bisa mendapatkan rekomendasi dan izin impor dari kementerian teknis terkait setelah melakukan wajib tanam 5% dari total volume impor yang akan diberikan.

"Kalau impor bisa dilakukan oleh mereka yang sesuai dengan Permentan, kita lakukan. Tidak perlu Bulog," ucapnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More