FDI Mulai Masuk ke Dalam Negeri Usai Pemilu

Penulis: Nur Aivanni Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 16:00 WIB Ekonomi
FDI Mulai Masuk ke Dalam Negeri Usai Pemilu

ist
Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah

DIREKTUR Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan bahwa investasi asing langsung atau Foreign Direct Investment (FDI) kini masih cenderung wait and see jelang Pemilu 2019. FDI, kata dia, baru akan masuk ke Indonesia usai gelaran pesta demokrasi.

"Investor FDI, mereka umumnya lebih hati-hati, cenderung wait and see. Terlihat FDI kita di tahun 2018 yang menurun. Saya kira FDI baru akan kembali bergerak setelah pemilu," katanya kepada Media Indonesia, Selasa (16/4).

Baca juga: Mendag Undang Importir Bawang Buka Gudang Operasi Pasar

Terutama, sambungnya, bila pemerintah yang baru nanti benar-benar melakukan kebijakan di berbagai bidang yang secara signifikan memperbaiki kemudahan investasi.

Berbeda halnya dengan FDI, kata Piter, investor portfolio tidak begitu khawatir terhadap gelaran pemilu. "Untuk portfolio, saya kira sejauh ini melihat pemilu-pemilu yang lalu, mereka tidak banyak terpengaruh. Tahun ini juga demikian, aliran modal portfolio justru mengalir deras," terangnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More