Sore Ini, Bawaslu Beri Rekomendasi Temuan Surat Suara Tercoblos

Penulis: Irvan Sihombing Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 15:02 WIB Politik dan Hukum
Sore Ini, Bawaslu Beri Rekomendasi Temuan Surat Suara Tercoblos

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww/18.
Ketua Bawaslu Abhan (tengah) berbicara dalam diskusi media di Media Center Bawaslu, Jakarta, Jumat (24/8).

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan segera mengumumkan hasil investigasi soal viralnya video pencoblosan surat suara di Selangor, Malaysia. Hasil investigasi dan rekomendasi tersebut bakal disampaikan oleh Bawaslu di Jakarta, Selasa (16/4) sore ini.

"Terkait Malaysia, kami hari ini putuskan rekomendasinya. Tidak ada bocoran (yang bisa saya sampaikan). Tunggu sore saja," kata Ketua Bawaslu RI Abhan di sela-sela acara Indonesia Visit Program 2019 di Jakarta.

Baca juga: Soal Surat Suara Tercoblos di Selangor, NasDem: Banyak Keganjilan

Menurut dia, rekomendasi tersebut diberikan setelah pihaknya melakukan klarifikasi kepada pengawas pemilu di Selangor, Malaysia, dan petugas penyelenggara pemilu luar negeri. Klarifikasi menjadi salah satu cara mengingat hingga hari ini Bawaslu belum bisa mengakses surat suara yang tercoblos tersebut.

"Hasil klarifikasi kami mulai dari pengawas, PPLN, dan sebagainya. Kami mengklarifikasi SOP-nya seperti apa, metode posnya seperti apa," ujar dia.

Untuk diketahui, surat suara yang tercoblos di dua daerah di Malaysia tersebut sudah dipastikan asli. Surat suara tersebut diduga berasal dari alokasi pengiriman pos. Untuk pemilu di luar negeri, ada tiga metode yang dipakai, yaitu tempat pemungutan suara (TPS), lewat pos, dan kotak suara keliling. Namun, hingga saat ini Bawaslu belum bisa mengakses surat suara yang tercoblos itu.

Abhan menambahkan, rekomendasi Bawaslu hanya diberikan ke KPU karena dugaannya ialah terjadi pelanggaran pemilu.

"Rekomendasi hanya ke KPU terkait dengan pelanggaran pemilu. Kami tidak ada hubungan dengan Polisi Diraja Malaysia. Kalau nanti ada dugaan tindak pidana pemilu, tentu menjadi kewenangan kami bersama di Sentra Gakkumdu," tutupnya. (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More