Jelang Libur Panjang, PT KAI Operasikan 11 Kereta Api Tambahan

Penulis: Ferdian Ananda Majni Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 14:15 WIB Megapolitan
Jelang Libur Panjang, PT KAI Operasikan 11 Kereta Api Tambahan

Dok METROTV
Kepala humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa

KEPALA humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan menjelang peringatan Wafat Isa Almasih yang jatuh pada Jumat (19/4), membuat libur akhir pekan minggu ini lebih panjang dari biasanya (long weekend). Hal itu dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke luar kota menggunakan moda transportasi, salah satunya kereta api (KA).

"Tren kenaikan jumlah penumpang, terutama di saat long weekend diantisipasi PT KAI Daop 1 Jakarta dengan mengoperasikan 11 KA tambahan," kata Eva dari keterangan resminya, Selasa (16/4).

Menurutnya, terdapat 5.512 tempat duduk (seat) maksimal per hari yang ditambahkan untuk melayani para pengguna jasa KA.

"Ada 8 KA diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan 3 KA diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta dan Solo," sebutnya.

Sedangkan untuk KA reguler, per harinya telah disediakan total 34.804 tempat duduk dari 58 KA keberangkatan baik dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Ia menambahkan, ada 32 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan 15.286 seat yang disediakan.

"Dari Stasiun Pasar Senen ada 26 KA dengan 19.518 tempat duduk yang disediakan," terangnya.

Baca juga: PT KAI Berlakukan Tarif Rp0, Apa saja Keretanya?

Terkait tingkat keterisian tempat duduk di kedua stasiun mulai tanggal 15-21 April mencapai 76%, pada tanggal 16-18 April sudah melebihi 90%.

"Sementara untuk tanggal 19 April tersisa sekitar 20% dari total tempat duduk yang disediakan," paparnya.

Jumlah tiket yang terjual tersebut akan terus bertambah sejalan dengan ketersediaan tempat duduk yang masih ada dan pembelian tiket yang masih dapat dilakukan hingga menjelang keberangkatan kereta. Tentunya pada tanggal dan jam yang diinginkan oleh para calon pengguna jasa.

"Adapun pembelian tiket melalui loket di stasiun masih dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta jika tiket masih tersedia," pungkas Eva.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau untuk memudahkan pembelian tiket yang dapat diakses dimana pun. Masyarakat dapat melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access, website: kai.id, Call Center 121 serta channel eksternal resmi lainnya yang telah bekerja sama dengan PT KAI.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More