Terendam Banjir Ratusan TPS di Kabupaten Bandung Direlokasi

Penulis: MI Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 09:45 WIB Nusantara
Terendam Banjir Ratusan TPS di Kabupaten Bandung Direlokasi

MI/ROMMY PUJIANTO
Bupati Bandung Dadang Naser

SEBANYAK 174 tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di titik banjir di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, akan dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Saat ini, sudah terdapat 65 TPS yang dipastikan akan digeser mengingat genangan air yang tak kunjung surut. Bupati Bandung Dadang Naser memastikan hal tersebut, kemarin. "Sekarang masih dilihat kondisinya. Kalau besok masih tergenang, akan ada lagi yang dipindahkan," katanya.

Dadang mengungkapkan 65 TPS yang sudah pasti akan digeser semuanya berada di Kecamatan Baleendah mengingat tinggi air yang tak kunjung surut. "Kalau yang lain juga sama, kemungkinan semuanya ada 174, di tiga kecamatan (Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot)," ujarnya.

Dia menyebut alternatif tempat yang akan dijadikan TPS masih di seputaran sekolah dan fasilitas umum lainnya. Kepala Polres Bandung, AK Indra Hermawan, menambahkan pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung akan membantu pemilih di lokasi banjir yang hendak menuju TPS. Indra juga memastikan bahwa pihaknya menyediakan perahu, mobil, dan truk yang didukung 1.881 anggotanya untuk mengantar jemput pemilih.

Baca Juga: Ribuan Rumah di Bandung Barat masih Terendam Air

Sementara itu, kata anggota Bawaslu Jawa Barat, Lolly Suhenti, kondisi banjir juga mengancam pelaksanaan Pemilu 2019 di Cimahi, Jawa Barat. Sebanyak 1.673 lebih personel gabungan siap mengamankan hari pemungutan suara di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Para personel gabungan TNI dan Polri itu akan diturunkan mengamankan 1.572 TPS di Cimahi dan 5.088 TPS di Bandung Barat. Kapolres Cimahi, AKB Rusdy Pramana Suryanagara, menyatakan, pengamanan pemilu bakal ditambah dengan bantuan kendali operasi (BKO) dari Polda Jabar sebanyak 311 personel. (BY/BS/EM/DG/DG)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More