Selasa 16 April 2019, 10:30 WIB

Tol Layang Japek belum Bisa Dipakai untuk Mudik 2019

Ilham Wibowo | Ekonomi
Tol Layang Japek belum Bisa Dipakai untuk Mudik 2019

ANTARA/Andi Firdaus
Sejumlah kendaraan melintas di bawah konstruksi pembangunan jalan tol layang (Elevated) di KM 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan tol layang (elevated) Jakarta Cikampek (Japek) II belum bisa digunakan pada musim mudik Idul Fitri tahun ini.

Padahal, sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan penggunaan Tol Layang Jakarta-Cikampek II menjadi salah satu strategi untuk mengantisipasi padatnya arus mudik.

"Untuk mudik, Japek elevated enggak dipakai," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (15/4).

Desi tidak menjelaskan alasan tidak menggunakan tol layang. Tapi, dia memastikan kondisi mudik bakal aman dengan hadirnya Tol Trans Jawa.

Langkah mencegah kemacetan di gerbang tol juga sudah dilakukan dengan pemantauan yang dilakukan sejak tiga bulan lalu.

Baca juga: Holding Optimalkan Industri Penerbangan

"Trans Jawa sudah tersambung, bahkan sudah sampai Probolinggo. Kemudian kita periksa semua gerbang-gerbangnya, kan cuma sedikit, yakni di Kali Kangkung, Banyu Manik, Warung Gunung, Gampanan, sampai ujung nanti Probolinggo. Semua gerbang itu kita periksa kapasitasnya bagaimana nih terkait kemarin traffic. Terus kita lakukan review, jadi insyaallah di gerbang tidak terjadi kemacetan antrean panjang," terangnya.

Lebih lanjut, upaya mengatasi kepadatan di musim mudik juga dilakukan dengan memindahkan gerbang tol Cikarang Utama (Cikarut) ke Cikampek.

Desi bilang, hal itu dilakukan lantaran Cikarut sudah tidak bisa lagi menampung kemacetan. Apalagi, commuterline kini sudah menjangkau Karawang sehingga kawasan tersebut semakin padat.

"Jadi memang sudah enggak layak sehingga kita pindah. Itu yang kita yakini Jakarta-Cikampek Insyaallah aman. Karena di Cikampek traffic-nya sudah pecah, ada ke selatan, ada ke timur, jadi jauh lebih ringan. Kalau di Cikarut semua deras dari Jakarta keluar ke situ," pungkasnya.

Pembangunan gerbang tol pindahan ini, progresnya disebut sudah mencapai 50% sehingga sebelum mudik nanti sudah bisa digunakan. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

Antara

Perlu Terobosan Kreatif untuk Hindari Resesi Ekonomi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:40 WIB
Pada kondisi saat ini, jelas Rerie, diperlukan kebijakan yang membuka sebanyak mungkin potensi peluang agar bisa keluar dari ancaman krisis...
Antara/Aditya Pradana Putra

Pembahasan Tripartit RUU Cipta Kerja, Aspirasi Buruh Terserap

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:14 WIB
"Seluruh masukan yang sudah disusun tentunya akan menjadi rumusan penyempurnaan draf RUU Cipta Kerja yang akan dibahas lagi dalam masa...
Ilustrasi

Sektor Infokom, Peluang di Tengah Pandemi

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 17:59 WIB
Didik menyebutkan Indonesia mempunyai peluang dari sektor informasi dan komunikasi karena telah ada faktor pendukung seperti siapnya Palapa...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya