Selasa 16 April 2019, 10:15 WIB

Rp30 Miliar Disiapkan untuk Pembangunan Jembatan CSW

Nur Azizah | Megapolitan
Rp30 Miliar Disiapkan untuk Pembangunan Jembatan CSW

ANTARA/Muhammad Adimaja
Halte TransJakarta CSW

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan Rp30 miliar untuk pembangunan jembatan Centrale Stichting Wederopbouw (CSW). Nantinya, jembatan tersebut akan mengintegrasikan stasiun ASEAN MRT dengan Trans-Jakarta Koridor 13.

Direktur Utama PT Trans-Jakarta Agung Wicaksono mengatakan Rp30 miliar itu termasuk Detail Engineering Design (DED) hingga kontruksi selesai. Target penyelesaian DED diberi waktu 45 hari.

"Jadi kita akan mengejar semaksimal mungkin bahwa di akhir Mei 2019. Idealnya, sebelum Lebaran, kita sudah memiliki Detail Engineering Design," kata Agung di Balai Kota, Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/4).

Pembangunan jembatan CSW dibagi menjadi dua fase. Fase pertama ialah pembangunan halte penghubung CSW dengan stasiun ASEAN MRT Jakarta.

Diperkirakan luas total bangun tersebut mencapai 2.145 meter persegi dengan total estimasi biaya Rp21,45 miliar. Rinciannya, lantai satu berfungsi sebagai Halte dengan luas 100 meter persegi dan biaya Rp1 miliar.

Baca juga: Halte TransJakarta Polda Metro Jaya Sudah Kembali Berfungsi

Sedang lantai dua, tiga, dan empat berfungsi sebagai retail dengan luas masing-masing 480 meter persegi dan biaya masing-masing Rp4,8 miliar. Adapun lantai lima merupakan atap dan bordes seluas 500 meter persegi dengan biaya Rp5 miliar.

Lalu di lantai enam akan menjadi Halte Existing CSW dengan luas 105 meter persegi dan memakan estimasi biaya Rp1,05 miliar. Sedangkan di fase dua diperkirakan akan memakan waktu Rp8,25 miliar dengan luas bangunan 955 meter persegi.

Rinciannya, jembatan dengan luas 402 meter persegi dan biaya Rp4,02 miliar. Halte di bangunan penghubung koridor 1 dengan luas 90 meter persegu dan biaya Rp900 juta.

Lalu bangunan penghubung seluas 303 meter persegi dengan estimasi biaya Rp3,63 miliar. Jembatan penghubung dengan JPO seluas 100 meter persegi dengan biaya Rp700 juta.

Pembangunan jembatan CSW diperkirakan bakal memakan waktu satu tahun. Desain jembatan CSW memakai karya dari Cakra Selaras Wahana sebagai pemenang sayembara.

"Pak Gubernur sih kasih target satu tahun. Tapi kalau bisa kurang dari itu sudah selesai," pungkas Agung. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

MI/ DEDE SUSIANTI

Wali Kota Bogor Ingatkan Anies agar Jakarta Siaga Banjir

👤Dede Susianti 🕔Senin 21 September 2020, 22:50 WIB
WALI Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mendatangi Bendung Katulampa, Bogor, setelah menerima laporan tinggi muka air (TMA) naik, hingga...
Dok. Danone-Aqua Label baru air minum Danone-Aqua

Pabrik Aqua di Cicurug Terendam Banjir

👤Dede Susianti 🕔Senin 21 September 2020, 22:42 WIB
Peristiwa tersebut setelah hujan deras terjadi di sekitar lokasi yang kemudian mengakibatkan Sungai Citarik-Cipeuncit...
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Informasi Lengkap Wilayah Jakarta Terendam Akibat Hujan Tiga Jam

👤Atalya Puspa 🕔Senin 21 September 2020, 22:37 WIB
Sejumlah ruas jalan mulai tergenang air setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Ibu Kota Jakarta sejak pukul...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya