Wabup Ditangkap Terkait Dugaan Politik Uang

Penulis: Media Indoneisa Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 08:00 WIB Nusantara
Wabup Ditangkap Terkait Dugaan Politik Uang

ILustrasi MI
Ilustrasi Penangkapan.

WAKIL Bupati Padang Lawas Utara, Sumatra Utara, Hariro Harahap ber­sama sejumlah orang kemarin terjaring operasi tangkap tangan (OTT) dengan dugaan melakukan po­litik uang. Barang bukti yang disita antara lain amplop berisi uang dan kartu nama caleg DPRD ­Kabupaten Padang Lawas Utara dari Partai Gerindra.

Kasat Reskrim Polres Padang Lawas Utara Ajun Komisaris Alexander Piliang mengatakan OTT berawal saat polisi menyetop Toyota Kijang ber­warna kuning dengan nomor polisi BK 1462, kemarin dini hari.

Setelah digeledah, di ­mobil ada 87 amplop berisi uang masing-masing Rp200 ribu dan foto Masdoripa Siregar, caleg DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara dari Partai Gerindra.

“Kami juga mendapati daftar na­ma orang yang menerima amplop tersebut,” kata Alexander.

Empat orang yang ditangkap di dalam mobil menyebut amplop-amplop itu dibawa dari sebuah rumah di Kecamatan Padangbolak. Polisi ber­gerak ke alamat tersebut yang ter­nyata rumah Hariro Harahap. Mas­­doripa Siregar sendiri ialah istri dari Hariro.

Petugas kemudian menangkap Ha­riro bersama sembilan orang lain­nya yang diduga anggota tim suk­ses Masdoripa. Dari rumah itu, polisi juga menyita 187 amplop berisi uang berjumlah Rp150 ribu sampai Rp300 ribu.

Kapolres Tapanuli Selatan AKB Irwa Zaini Adib menyebut barang buk­ti lainnya ialah laptop, printer, stem­pel Partai Gerindra, stempel ber­­logo Prabowo-Sandi, kalender caleg, slip transaksi bank, bukti dukungan dari masyarakat, amplop ko­song, telepon seluler, kuitansi, ser­ta KTP pendukung.

Diduga, ribuan amplop sudah di­sebar dengan perkiraan total uang di dalamnya lebih dari setengah mi­liar rupiah.

“Isinya beragam, mulai Rp200 ribu hingga Rp250 ribu. Informasi yang kita terima bahkan ada 4.000 amplop,” ujar Zaini.

Kabid Humas Polda Sumut Kom­bes Tatan Dirsan Atmaja menyatakan orang-orang itu akan diserahkan ke Bawaslu kabupaten dan ditindaklanjuti oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu. (YP/JH/Ant/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More