Kehidupan Awal Bumi di Perairan Dangkal

Penulis: Media Indonesia Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 07:30 WIB Humaniora
Kehidupan Awal Bumi di Perairan Dangkal

MI/Duta
Ilustrasi

PENELITIAN yang dilakukan tim dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) menunjukkan kehidupan awal Bumi mungkin berkembang biak di perairan dangkal, bukan lautan.

Menurut tim peneliti yang dirilis melalui jurnal Geochemistry, Geophysics, Geosystems, kolam kuno sedalam 10 cm memiliki konsentrasi ni­­trogen lebih tinggi. Sebuah unsur utama kehidupan di Bumi.

“Semakin dangkal perairan, semakin besar potensi nitrogen oksida berinteraksi dengan molekul lain.

Kandungan nitrogen oksida dalam perairan dangkal membuka peluang reaksi dengan senyawa lain, yang memunculkan kehidupan organisme pertama. Adapun di lautan dalam, nitrogen sulit menciptakan kehidupan yang signifkan,” ujar ketua tim peneliti Sukrit Ranjan. (Xinhua/Tes/X-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More