2018, Realisasi Pajak Sektor Industri Capai Rp363,6 Triliun

Penulis: Atalya Puspa Pada: Selasa, 16 Apr 2019, 07:15 WIB Ekonomi
2018, Realisasi Pajak Sektor Industri Capai Rp363,6 Triliun

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Wapres Jusuf Kalla (tengah) bersama Menko Perekonomian Darmin Nasution (kiri) dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

WAKIL Pesiden Jusuf Kalla menegaskan sektor industri di Indonesia saat ini justru mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Sektor industri masih berkontribusi tertinggi dalam pendapatan nasional.

“Sebelumnya dikatakan ­Indonesia mengalami deindustrialisasi. Namun, nyatanya perindustrian tetap menjadi sektor yang tertinggi dalam pendapatan produk domestik bruto (PDB) kita,” ujarnya dalam acara Indonesia Industrial Summit di ICE BSD, Tangerang, Jawa Barat, kemarin.

Acara yang diinisiasi Kementeri­an SektorPerindustrian itu berlangsung hingga hari ini.

Kalla menegaskan, setiap ­tahunnya industri di Indonesia terus tumbuh dan tidak pernah sekali pun mengalami penurunan. Kalla menuturkan perindustrian Indonesia dari 2014 sampai 2017 tumbuh sebesar 21,30%.

“Artinya, sektor industri tetap berkembang dan bukan terjadi deindustrialisasi,” tegasnya.

Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku Indonesia memang pernah berada dalam masa deindustrialisasi. Namun, itu terjadi ketika masa setelah krisis moneter pada 1998 silam.

“Deindustrialisasi sebenarnya terjadi pada 1998-2002, tapi secara perlahan kita sudah bisa memengaruhi supaya infrastrukturnya menyamai dengan pertimbuhan ekonomi,” kata Darmin.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengungkapkan ­industri manufaktur memegang peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dengan memberikan kontribusi kepada PDB nasional sebesar 20,2% pada 2017.

“Dari capaian ini, Indonesia me-nempati posisi kelima dalam kelompok negara G-20 setelah Tiongkok, Korea, Jepang, dan Jerman,” ujar Airlangga.

Menperin juga mengatakan sektor industri merupakan kontributor terbesar dalam penerimaan negara melalui setoran pajak yang mencapai Rp363,60 triliun atau 30% dari total penerimaan pajak pada 2018.

Capaian itu meningkat 11,12% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, sektor industri mampu menyumbang penerimaan cukai sebesar Rp159,69 triliun.

“Jadi, sebenarnya kontribusi industri terhadap perekonomiam nasional ini relatif tinggi,” ujar Menteri Airlangga. (Ata/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More